Analisis Hasil Try Out Uji Kompetensi Berdasarkan Stres Akademik dan Persepsi Pencapaian Kompetensi Klinis Mahasiswa Ners UNRIYO

Endang Nurul Syafitri, Wahyu Rochdiat Murdiono, Cristin Wiyani, Budiman Cahyana Ramdani

Abstract


Hampir semua program studi Ners khususnya di DIY menerjunkan kembali seluruh mahasiswanya ke praktik lapangan seperti saat sebelum pandemi.Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa metode blended learningtelah menyebabkan mahasiswa profesi Ners mengalami stres tingkat sedang dan merasa kurang kompeten. Kondisi tersebut dapat menjadi stresor tambahan dimana proses pembelajaran di tahap Ners sendiri sudah menjadi stresor utama dan memicu munculnya stres akademik.Selain itu, persepsi mahasiswa Ners terkait kompetensi mereka juga dapat terganggu. Tujuan penelitian Menganalisis hasil Try Out UKNI berdasarkan stres akademik dan persepsi pencapaian kompetensi klinis mahasiswa Ners di UNRIYO.Penelitian inidilakukan di UNRIYO dengan sampling sejumlah 61 mahasiswa profesi ners.Rata-rata skor stres akademik responden menunjukkan bahwa responden berada dalam tingkat stres ringan (skor < 55), rata-rata skor persepsi kompeten(skor > 87). Ada hubungan antara stres akademik dengan skor TO UKOM (p-value <0,05). Tidak ada hubungan antara persepsi kompeten dengan skor TO UKOM karena p-valuenya lebih dari 0,05.Ada hubungan antara stres akademik dengan skor TO UKOM. Tidak ada hubungan antara persepsi kompeten dengan skor TO UKOM.

Keywords


Mahasiswa Ners; Persepsi; Stres; Uji Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Morin, Karen H. 2020. “Nursing Education after COVID-19: Same or Different?” Journal of Clinical Nursing 29(17–18): 3117–19.

Rochdiat, Venny Vidayanti et all. 2022. Gender, Self-Control and Self-Development Affect Academic Stress During Online Learning Among Undergraduate Students Program. Mal J Med Health Sci 18(SUPP3): 81-85

Zieber, Mark, and Monique Sedgewick. 2018. “Competence, Confidence and Knowledge Retention in Undergraduate Nursing Students — A Mixed Method Study.” Nurse Education Today 62(October 2017): 16–21.

Manulu, L.O., & Pitono, A.J. 2016. Identifikasi Kelulusan Ukni Berdasarkan Hasil Try Out Di STIKes Rajawali Bandung Tahun 2016. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUK-NAKES & UNPAD. ISBN No. 978-602-14422-7-2.pp : 83 – 90.

Wijaya, D., Sulstyorini, L., & Wantiyah. 2017. Analisis Hasil Try Out Uji Kompetensi Ners Berbasis Pdca Di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUKNAKES & UNPAD. ISBN No. 978-602- 14422-7-2. pp. 91 – 105

Rahadian, D.Z., Iskandar, R., & Riyadi, S. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Ners Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Wacana Kesehatan, 2.(2), 180-190

Istianah., & Pitono, A.J. 2016. Nilai Try Out Sebagai Faktor Prediktor Hasil Uji Kompetensi Nasional Lulusan Ners STIKes Rajawali Bandung. PROSIDING Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. LPUK-NAKES & UNPAD. ISBN No. 978- 602-14422-7-2. pp: 137.

Baker, J. J. 2003. Dispositional Coping Strategies, Optimism, and Test Anxiety as Predictors of Specific Responses and Performance in an Exam Situation. Dissertation in Psychology.

Carrick, J. A. 2011. Student achievement and NCLEX-RN success: Problems that persist. Nursing Education Perspectives, 32.(2) : 78-83.

Flinkman, Mervi et al. 2017. “Nurse Competence Scale: A Systematic and Psychometric Review.” Journal of Advanced Nursing 73(5): 1035–50.

Immonen, Kati et al. 2019. “Assessment of Nursing Students’ Competence in Clinical Practice: A Systematic Review of Reviews.” International Journal of Nursing Studies 100.


Abstract View: 120, PDF Download: 139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.