APLIKASI FLIPBOOK UNTUK PENGEMBANGAN MODUL ANIMASI

Atmaja Septa Miyosa

Abstract


Pandemi menyebabkan perkuliahan menjadi virtual (daring). Media pembelajaran daring perlu suatu inovasi salah satunya produk media pembelajaran dalam bentuk flipbook. Permasalahan yang muncul adalah proses merancang modul Flipbook yang tepat guna dan pengembangan modul Flipbook untuk pembelajaran virtual pada mata kuliah Komputer Animasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses merancang modul Flipbook secara praktis dan pengembangan modul Flipbook untuk pembelajaran virtual pada mata kuliah Komputer Animasi. Metode menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan waktu penelitian September hingga Desember 2020 di Sekolah Tinggi Multi Media. Teknik evaluasi menggunakan kuisioner kepada mahasiswa program studi Animasi dan pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa modul berbentuk Flipbook mendapatkan respon yang baik oleh pengguna (mahasiswa) dan dapat dikembangkan menjadi desain pembelajaran virtual.

Keywords


flipbook; virtual; animasi; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. 2019. Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1188/1/012075.

Fonda, A., & Sumargiyani, S. 2018. The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122.

Abadiyah, R., Prihatin, J., & Murdiyah, S. 2018. Development of Biology Interactive Digital Flipbook on the Subject of Animal Growth and Development. Bioedukasi, Jurnal Biologi dan Pembelajarannya . April, 61–68.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, IV, 49–54.

Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. 2018. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.

Linda, R., Herdini, H., S, I. S., & Putra, T. P. 2018. Interactive E-Module Development through Chemistry Magazine on Kvisoft Flipbook Maker Application for Chemistry Learning in Second Semester at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 2(1),

https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.12933

Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. 2018. Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238

Hidayatulloh, M. 2019. Developing Electrical Circuits Flipbook Using Flipbuilder. International Journal of Innovation Education and Research, 7(2), 124–134. https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss2.1331.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Penerbit Alfabeta


Abstract View: 223, PDF Download: 469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.