BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI

Sukismanto, Sri Kadaryati, Yunita Indah Prasetyaningrum

Abstract


Masalah sampah dapat berakibat pada lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan dan kegiatan di sekolah juga ikut menyumbang sampah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, proses pilahpilih sampah di SMP N 4 Depok belum dioptimalkan. Semua sampah dikumpulkan pada satu tempat pembuangan akhir. Adanya pandemi COVID-19 memunculkan adaptasi kebiasaaan baru dalam segi pembelajaran. Buku saku dapat digunakan sebagai media edukasi kesehatan lingkungan di sekolah. Buku Saku yang berjudul “Panduan Mengelola Sampah bagi Warga Sekolah di Sekolah†disusun dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Respati Yogyakarta dengan mitra SMP Negeri 4 Depok. Materi pada buku saku merupakan penjabaran teori dan praktek pengelolaan sampah di sekolah. Materi ini disajikan dalam 22 halaman dengan 16 halaman utama yang terbagi dalam empat bagian, dengan layout yang disesuaikan untuk kelompok sasaran usia remaja. Buku saku diterbitkan sebagai buku ber-ISBN dalam bentuk hardcopy dan ebook. Buku saku juga diserahkan kepada perpustakaan sekolah, sehingga dapat digunakan sebagai media edukasi yang berkelanjutan. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu pelaksanaan program edukasi mengenai pengelolaan sampah kepada para peserta didik di SMP N 4 Depok dan pendampingan pengelolaan sampah di sekolah melalui OSIS.

Keywords


media edukasi; buku saku; pengelolaan sampah; sekolah; remaja

Full Text:

PDF

References


Countryman L, Emily M, Marilyn FB, Connie M, Janelle S. 2007. Healthy sustainable schools, guide for change. Minnesota Pollution Control Agency.

Cioci M & Tim Farnan. 2010. Digging Deep Through School Trash. Minessota Pollution Control Agency.

Rakhmah, D. N. 2021. Gen Z dominan, apa maknanya bagi pendidikan kita? [Online] Tersedia di https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-zdominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita [diakses pada 29 Agustus 2021]

Maziyyah, N., & Rahajeng, B. 2021. Edukasi covid-19 melalui media buku pintar bagi guru dan orang tua TK ABA Ponggalan, Giwangan. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1106–1112. [Online] Tersedia di https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/view/97 [diakses pada 29 Agustus 2021]

Barik, A. L., Purwaningtyas, R. A., & Astuti, D. (2019). The Effectiveness of Traditional Media (Leaflet and Poster) to Promote Health in a Community Setting in the Digital Era: A Systematic Review. Jurnal Ners, 14(3), 76. https://doi.org/10.20473/jn.v14i3.16988.


Abstract View: 273, PDF Download: 370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.