PELATIHAN PENGUKURAN ANTROPOMETRI BAGI KADER POSYANDU REMAJA DI PADUKUHAN KARANGMOJO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Angelina Swaninda, Yunita Indah Prasetyaningrum, Ilna Tirtamala,Refly Setiawan

Abstract


Masa remaja merupakan masa transisi menuju dewasa sehingga terjadi perubahan pada segi fisik, emosi, psikologis, dan intelektual. Sensus penduduk di Kabupaten Sleman tahun 2019 menunjukkan bahwa jumlah penduduk tertinggi di Kecamatan Kalasan adalah remaja berusia 13-15 tahun. Posyandu remaja merupakan kegiatan berbasis kesehatan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan kesehatan remaja secara berkesinambungan. Salah satu kegiatan posyandu remaja yang paling penting adalah pengukuran status gizi. Namun, banyak kader remaja yang belum memiliki keterampilan pengukuran status gizi secara antropometri dengan benar dan tepat. Tujuan pelatihan ini adalah optimalisasi keterampilan kader remaja mengenai pengukuran status gizi secara antropometri di Padukuhan Karangmojo. Pelatihan ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengamatan keterampilan kader terkait pengukuran antropometri dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan, dengan menggunakan checklist. Hasil dari pelatihan ini adalah kader posyandu remaja lebih terampil dalam melakukan pengukuran antropometri yang benar dan tepat. Perubahan keterampilan kader remaja dapat teramati dari kegiatan setelah pelatihan melalui penilaian menggunakan checklist. Keterampilan kader posyandu mengenai cara pengukuran status gizi secara antropometri lebih baik setelah diberikan pelatihan.

Keywords


pelatihan; posyandu remaja; antropometri

Full Text:

PDF

References


Balitbangkes Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar 2018. Kemenkes RI: Jakarta.

[Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sleman. 2020. Kabupaten Sleman dalam Angka 2020. BPS Kabupaten Sleman.

Undang-undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009 pasal 136 dan 137.

Zimmer-Gembeck, M. J., & Petherick, J. (2006). Intimacy dating goals and relationship satisfaction during adolescence and emerging adulthood: Identity formation, age and sex as moderators. International Journal of Behavioral Development, 30(2), 167–177.

Keputusan Menteri Kesehatan RI No: 374/Menkes/SKIII/2007.

[World Health Organization (WHO). 2015. Adolescent Development: Topics at Glance.

Didah, 2019. Hubungan Karakteristik dengan Pengetahuan Tokoh Masyarakat Mengenai Keberadaan Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Jatinangor. Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Jurnal Kebidanan: Vol 5 N0 2 : 116 – 121

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2011.


Abstract View: 466, PDF Download: 298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.