MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI UANG, BANK, DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA MELALUI HANDOUT BERBASIS GAMBAR ILUSTRASI

Raden Roro Suci Nurdianti, Bakti Widyaningrum

Abstract


Pemahaman mengenai sektor ekonomi keuangan dan moneter secara menyeluruh, memerlukan dasar pemahaman yang kuat dari mahasiswa mengenai materi uang, bank, dan lembaga keuangan lainnya. Oleh karena itu diperlukan adanya pengembangan dalam pembelajaran mengenai materi uang, bank, dan lembaga keuangan lainnya ini melalui penggunaan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami, salah satunya yaitu penggunaan handout berbasis gambar ilustrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa pada materi uang, bank, dan lembaga keuangan lainnya di mata kuliah teori ekonomi makro pada jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi, setelah diterapkannya penggunaan sumber belajar Handout berbasis gambar Ilustrasi. Penelitian dilakukan melalui metode quasi eksperimen pada mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2020/2021 yang sedang menempuh mata kuliah Teori Ekonomi Makro, melalui Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan SPSS versi 21 melalui uji beda rata-rata. Hasil penghitungan menunjukkan nilai t statistic 5,992 lebih besar dari nilai t table 5% untuk derajat kebebasan 73 sebesar 1,99300 yang berarti signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman mahasiswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Handout berbasis Ilustrasi Digital, dibandingkan dengan mahasiswa pada kelas control yang menggunakan bahan ajar konvensional.

Keywords


pemahaman; uang; perbankan; handout; ilustrasi

Full Text:

PDF

References


Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Bumi Aksara

Wina Sanjaya.2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Emmanuel Bankole Oladumiyte. 2014. Graphics Communication an Appraisal of an Art of Learning in Contemporary Nigerian Education, Art and Design Review, 2, 29-39. http://dx.doi.org/10.4236/adr.2014.23005

Osamah (Mohammad Ameen) Ahmad Aldalalah, Ziad Waleed Mohamed Ababneh. 2015. Standards of Multimedia Graphic Design in Education. Journal of Education and Practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online). www.iiste.org

Jovita F. Punzalan. 2018. The Impact of Visual Arts in Students‟ Academic Performance. International Journal of Education and Research Vol. 6 No. 7 July 2018. www.ijern.com

Lois Hetland & Ellen Winner (2001) The Arts and Academic Achievement: What the Evidence Shows, Arts Education Policy Review, 102:5, 3-6, DOI:10.1080/10632910109600008

Hana Adhia . 2017. Studi Penggunaan Handout dalam Model Pembelajaraan Kooperatif tipe Artikulasi terhadap Pembelajaran Matematika siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran (ap) smkn 1 kota solok. Lemma: Letters of Mathematics Education VOL IV

NO. 1, NOV 2017


Abstract View: 188, PDF Download: 118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.