PENULISAN KONTEN KREATIF DALAM STRATEGI PROMOSI DAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN REKOGNISI DAN PENJUALAN PRODUK KALD.ID

Galant Nanta Adhitya, Novi Wulandari,Nurika Arum Sari, Zita Gessa Didan Aurel,Pegita Rianinda Pitri

Abstract


SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, telah membawa dunia ke tengah pandemik baru. Untuk menekan penularan, pemerintah di setiap negara memberlakukan karantina wilayah. Semua aktivitas dilakukan di dan dari rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja online. Hal ini memaksa pelaku bisnis untuk beradaptasi dengan situasi yang ada. Tidak cukup model bisnis brick saja, tetapi harus disetai juga dengan click. Peran media sosial sebagai katalog digital serta lokapasar siber sebagai ruang penjual dan pembeli bertemu sudah tidak terelakkan. Artikel ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam memaksimalkan model bisnis click. Adapun UMKM yang dijadikan mitra adalah Kald.id, yang merupakan sebuah te. Persaingan ketat dalam industri fesyen, mengharuskan merek busana untuk dikenal oleh publik terlebih dahulu apabila ingin menjual produknya dalam jumlah yang tinggi. Karenanya, aspek yang harus ditingkatkan adalah pada promosi dan pemasaran. Strategi yang digunakan adalah diversifikasi dan intensifikasi. Diversifikasi diterapkan dengan memperbanyak media sosial dan lokapasar mitra. Awalnya mitra hanya memiliki Instagram dan Shopee, untuk kemudian dibuatkan Twitter dan TikTok. Intensifikasi diaplikasikan dengan penulisan wara (copywriting) yang komprehensif serta memaksimalkan fitur media sosial dan lokapasar sebaik mungkin. Sebagai materi promosi, konten berupa foto dan video diproduksi secara kreatif yang disesuaikan dengan masing-masing media sosial dan lokapasar. Selain itu, ketika diunggah, konten visual tersebut disertai dengan takarir yang ditulis dengan struktur AIDA. Setelah menjalan kedua metode, terlihat kenaikan jumlah pengikut di akun Insagram @kald.id, serta peningkatan jumlah penjualan di toko Shopee Kald.id.

Keywords


penulisan kreatif, konten media sosial, promosi digital, lokapasar siber

Full Text:

PDF

References


Bashar A, Ahmad I, dan Wasiq M. 2012. Effectiveness of Social Media as a Marketing Tool: An Empirical Studi. International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research. 1:11 88-99.

Tankovska, H. 2021. Daily social media usage worldwide 2012-2020. [Online] Tersedia di https://cutt.ly/Pls9AGm [diakses tanggal 16 Februari 2021].

Kawa A, dan Wałęsiak M. 2019. Marketplace as a Key Actor in e-Commerce Value Networks. LogForum. 15:4 521-529.

utmainah. 2018. Kain Rayon: Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis. [Online] Tersedia di https://bit.ly/2ZwP561 [diakses tanggal 14 Februari 2021].

Adhitya G N, dan Wulandari N. Colonial Remains in Indonesian Blogiepelago. JOLL: Journal of Language and Literature. 2:2 181-198.

Pinhok Languages. 2019. Buku Kosakata Bahasa Norwegia: Pendekatan Berbasis Topik. PublishDrive.

Foster, J. 2021. SEO Content Writing vs. SEO Copywriting: What’s the Difference?. [Online] Tersedia di https://www.searchenginejournal.com/seo-content-writing-vs-seocopywriting/324889/ [diakses tanggal 15 Februari 2021].

Van, Vliet, V. 2012. Elias St. Elmo Lewis. [Online] Tersedia di

https://www.toolshero.com/toolsheroes/elias-st-elmo-lewis/ [diakses pada 4 Maret 2021].

Nathania, R. 2021. Apa Itu AIDA? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya, Simak! [Online] Tersedia di https://glints.com/id/lowongan/aida-adalah/#.Ybh-8mhBwj8 [diakses pada 5 Maret 2021].

de Brouwer Z, dan Dekker J. 2014. Blogger Identity: A Portrait of Dutch Blogging Landscape. [Online] Tersedia di https://www.artez.nl/media/studie_in_cijfers/artez_fashion_masters_annual_report_2014- 2015__1_.pdf [diakses pada 3 Maret 2021].

Bansal R, Mashood R Z, dan Dadhich V. 2014. Social Media Marketing: A Tool of Innovative Marketing. Journal of Organizational Management. 3:1 1-7.

Adhitya G N, dan Adi, I R. 2019. Fashion in Globalization: A Study on Fashion Blogs in the United States and Indonesia. [Online] Tersedia di

http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/178060 [diakses pada 13 Maret 2021].

Putra, I. R. 2019. Survei Terbaru E-Commerce Paling Banyak Digunakan Masyarakat Sepanjang 2019. [Online] Tersedia di https://www.merdeka.com/uang/survei-terbaru-ecommerce-paling-banyak-digunakan-masyarakat-sepanjang-2019.html [diakses pada 17 Maret 2021].

Macey, F. 1900. The Bissell Prize Advertisement Contest. [Online] Tersedia di https://hardwarejournal.com.au/ [diakses pada 15 Maret 2021].

Lewis, E. St. E. (1908). Financial Advertising: The History of Advertising. Indianapolis: Levey Bros & Company.


Abstract View: 574, PDF Download: 395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.