EFEKTIFITAS HEALTH-SET (HEALTH, SOCIOECONOMY AND TECHNOLOGY) MODEL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PRA LANSIA DAN LANSIA

Fika Lilik Indrawat,Rizky Erwanto,Thomas Aquino Erjinyuare Amigo,Rodiyah, Marselina Endah Hiswati,Ahmad Sahal,Andre Kussuma Adiputra,Tri Septa Nurhantoro

Abstract


Yogyakarta merupakan propinsi tertinggi yang memiliki jumlah persentase ageing population terbanyak di Indonesia. Peningkatan lansia ini akan membawa dampak terhadap berbagai kehidupan. Dampak utama peningkatan lansia ini adalah peningkatan ketergantungan lansia yang terjadi karena kemunduran fisik, psikis, dan sosial lansia. Strategi intervensi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diatas dengan Health-SeT (Health, SocioEconomy and Technology) Model. Penelitian dengan intervensi multidisiplin ini bertujuan agar pengetahuan dan keterampilan lansia mengalami peningkatan sehingga kualitas hidup lansia meningkat. Penelitian ini menggunakan metode Quasy experimental Pre-tes post-test one group design. Pengambilan data dilaksanakan di Desa Wedomartani, Ngemplak,Sleman, Yogyakarta. Jumlah lansia dan pra lansia sebanyak 30 orang. Peneliti menggunakan uji bivariate paired t-test dan independent t- test. Berdasarkan uji bivariate tindakan responden sebelum dan setelah dilakukan intervensi menggunakan uji Uji Wilcoxon signed rank test di dapatkan nilai p value 0,00. Hal ini berarti intervensi Health-Set mampu meningkatkan tindakan secara signifikan pada pra lansia dan lansia.

Keywords


Health-SeT (Health, SocioEconomy and Technology) Model; Lansia dan Pra Lansia; Pengetahuan dan tindakan

Full Text:

PDF

References


D. of E. and S. Affairs, World Population Prospects. New York: United Nations, 2015.

Kemenkes, Situasi Lanjut Usia (LANSIA) di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi, 2016.

A. Yuliati, N. Baroya, and M. Ririanty, “Perbedaan Kualitas Hidup Lansia yang Tinggal di Komunitas dengan di Pelayanan Sosial Lanjut Usia ( The Different of Quality of Life Among the Elderly who Living at Community and Social Services ),†vol. 2, no. 1, pp. 87–94, 2014.

A. I. N. Rohmah, Purwaningsih, and K. Bariyah, “Quality of Life Elderly,†pp. 120–132, 2012.

S. Robben et al., “Impact of Interprofessional Education on Collaboration Attitudes , Skills , and Behavior Among Primary Care,†vol. 32, no. 3, pp. 196–204, 2012, doi: 10.1002/chp.

D. Grudinschi, STRATEGIC MANAGEMENT OF VALUE NETWORKS : how to create value in cross-sector collaboration and partnerships. Finland, 2014.


Abstract View: 130, PDF Download: 92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.