SEKOLAH SEWAKTU UNTUK MENGURANGI STIGMA DIRI ODGJ DI PUSKESMAS KOTAGEDE I, DIY

Wahyu Rochdiat Murdhiono,Ririn Wahyu Widayati, Cristin Wiyani, Endang Nurul Syafitri, Sukismanto, Hokpitasari

Abstract


Sampai saat ini, upaya yang dilakukan untuk meminimalisir stigmatisasi pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih sangat kurang, sehingga penolakan dan ketakutan masyarakat kepada mereka makin meluas. Akibatnya, ODGJ sulit mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang layak sehingga kemampuan memenuhi kebutuhan hidup sangat rendah, dan akhirnya kualitas hidup mereka menjadi rendah. Atas dasar itu, Puskesmas Kotagede I kemudian bekerja sama dengan tim pengabdi dari UNRIYO untuk menyusun kurikulum pembelajaran untuk Sekolah Sewaktu. Target dari sekolah ini adalah para ODGJ yang telah menjalani perawatan dan sedang berada dalam tahap rehabilitasi. Proses belajar Sekolah Sewaktu awalnya direncanakan dilaksanakan di tahun 2020. Namun, karena terdampak dari pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia mulai Maret 2020 terjadi perubahan kebijakan dari Puskesmas Kotagede I untuk tidak mengadakan pertemuan. Di tahun 2021 ini Tim Pengabdi beserta Puskesmas Kotagede I mencoba menyelesaikan Kurikulum Sehat Jiwa Sewaktu. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Maret sampai September 2021 dari tahap koordinasi sampai kegiatan perkuliahan selama 4 kali. Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ODGJ dalam mengelola stresnya serta telah memiliki unit bisnis berupa Warung Sewaktu.

Keywords


Stigma; Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ); Rehabilitasi

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI.

Subu, MA., Waluyo, I., Edwin, A., Priscilla, V., Aprina, T. Stigma, Stigmatisasi, Perilaku Kekerasan dan Ketakutan diantara Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Indonesia:Penelitian Constructivist Grounded theory. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. 30, No. 1, Februari 2018.

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa. Jakarta: Republik Indonesia.

Wardani, et al., Kualitas Hidup Pasien Skizofrenia Dipersepsikan melalui Stigma Diri, Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 21, No. 1, Maret 2018, hal 17-26.

Yusuf, Ah & Tristiana, RR DIAN & Nihayati, Hanik & Fitryasari, Rizki & Hilfida, Nurullia. (2016). Stigma Keluarga Pasien Gangguan Jiwa Skizofrenia.

Herdiyanto, Y.K, Tobing, Y.K, Vembriati, N. Stigma Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa Di Bali. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 8 No. 2, Desember 2017, hlm 121-132.

Mashiach-Eizenberg, M., Hasson-Ohayon, I., Yanos, P.T., Lysaker, P.H., & Roe, D. (2013). Internalized Stigma quality of life among persons with severe mental illness: The mediating roles of self esteem and hope. Psychiatric Research, 208 (1), 15–20. doi: 10.1016/j.psychres.2013.03.013

Purnama, G., Yani, D.I., dan Sutini, T. (2016). Gambaran stigma masyarakat terhadap klien gangguan jiwa. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 2 (1): 29 – 37.

Chen, H., Fang, X., Hu, W., Lan, J., dan Deng, L. (2014). Association among the number of mental health problems, stigma, and seeking help from psychological services: A path analysis model among Chinese adolescents. Chindren and Youth Services Review: 44: 356 - 362.

Kundre, R., Mulyadi. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan Simulasi terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan Pertolongan Pertama pada Siswa yang Mengalami Sinkop di SMA 7 Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp) 6:2, 1-8, September 2018.

Darwan. S.; Buanasari, A.; Kundre, R. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pencegahan Pasung Terhadap Intensi Pasung pada Keluarga ODGJ di Rumah Sakit Jiwa Prof. DR. V. Ratumbuysang Manado. e-journal Keperawatan (eKp) 7:1, 1-9, Mei 2019.

Husni, A.; Desmaniarti. 2018. Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula: Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Modul Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Deteksi Dini Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Pasirkaliki Kota Bandung. Laporan

Penelitian. Tidak Dipublikasikan. Tersedia di http://repo.poltekkesbandung.ac.id/3827/ [diakses pada tanggal 3 Januari 2022].

Budianto, A.; Wibowo, NY.; Setyaningrum, I.; Salamah, U. 2021. Pelatihan Psikoedukasi Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (Odgj) Bagi Perawat Di Dinas Kesehatan Banyumas. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 2:1, 70-79, Juni 2021.

Anggraini N. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Jiwa Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Dalam Mencegah Kekambuhan Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Prosiding Seminar Nasional Keperawatan “Pemenuhan Kebutuhan Dasar Dalam Perawatan Paliatif Pada Era Normal Baru†Tahun 2020, 179-184.


Abstract View: 143, PDF Download: 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.