KOMUNIKASI DAN KONSELING BIDAN DENGAN METODE NLP (NEURO-LINGUISTIC PRORAMMING)

Sukmawati, Lestariningsih, Puspito Panggih Rahayu

Abstract


Tugas bidan adalah memberikan asuhan kebidanan yang bersifat holistik, humanistik berdasarkan evidence based dengan pendekatan manajemen asuhan kebidanan, dan memperhatikan aspek fisik, psikologi, emosional, sosial budaya, spiritual, ekonomi, dan lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi perempuan, meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif sesuai kewenangannya. Salah satunya mampu melakukan praktik kebidanan dengan menggunakan teknik komunikasi efektif untuk interaksi dengan klien, NLP (Neuro Linguistic Programming) adalah pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang diciptakan dapat mengobati masalah pobia, depresi, gangguan kebiasaan, penyakit psikosomatik, miopi, alergi, flu dan gangguan belajar. Interaksi klasik dalam NLP dapat dipahami termasuk membangun hubungan, mengumpulkan informasi tentang keadaan masalah mental, tujuan yang diinginkan, dengan menggunakan alat dan teknik khusus untuk melakukan intervensi, dan mengintegrasikan perubahan yang diusulkan dalam kehidupan klien. Tujuan: bidan memahami komunikasi konseling dengan metode NLP dan menerapkan saat praktik. Pengabdian dilakukan secara daring pada 13 – 14 November 2020 dengan melibatkan seluruh bidan di kabupaten Sleman sebanyak 256 bidan. Mayoritas menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini sebanyak 92, 97%, dan peserta mayoritas melakukan NLP dengan baik dan lancar sebanyak 86, 16%. Kesimpulan: konseling tidak harus tatap muka langsung dan bisa dilakukan secara daring. Layanan konseling kepada masyarakat dan klien bisa diterapkan, apalagi saat pademi covid-19.

Keywords


Komunikasi konseling; NLP (neuro-linguistic programming)

Full Text:

PDF

References


Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2020, Standar Profesi Bidan, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Kementerian Kesehatan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2017, Ijin dan penyelenggaraan Praktik Bidan, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kesekretariat Jendral Kementerian Kesehatan.

Presiden Republik Indonesia, 2019, Undang-undang RI tentang Kebidanan.,diundangkan di Jakarta

Dilts, 2017, Modeling with NLP, Meta Publications, 1998; Reprinted by Dilts Strategy Group, Scotts Valley, CA

Dimmick, 2017, Successful Communication Through NLP: A Trainer's Guide., Routledge; 1st edition

KBBI, 2018, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (online, diakses 14 Desember 2020)

Mulawarman, 2017, Buku Ajar Keterampilan Dasar Konseling, Publisher: Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes

Mulawarman, 2019, Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar Bagi Konselor Pendidikan., Perfect Bending

Hingdranata Nikolay, 2010, www.nlpindonesia.com/about_nlp (diakses tanggal 14 Desember 2020)

Dilts, 2017, Strategies of Genius, Volume I, Volume II & Volume III, Meta Publications, 1994-1995; Reprinted by Dilts Strategy Group, Scotts Valley, CA

Hanafi, 2020, http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2020/10/kreatif-di-masa-pandemimelalui-layanan-bimbingan-dan-konseling-layanan-bk-dalam-jaringan/ (diakses 14 Desember 2020)

Putri, 2020, http://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/95


Abstract View: 1097, PDF Download: 1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.