EFEKTIFITAS PEMBERIAN MINYAK JAHE (Zingiber officinale) UNTUK PENYEMBUHAN LUKA PADA TIKUS PUTIH BETINA (Rattus norvegicus)

Yana Luthfiyati, Ian Rossalia Pradita Puteri, Lenna Maydianasari

Abstract


Luka perineum apabila tidak ditangani secara efektif dapat berdampak terhadap terjadinya infeksi, dispareunia dan resiko komplikasi perdarahan. Perawatan luka perineum untuk mencegah komplikasi yang telah banyak digunakan adalah povidone iodine. Akan tetapi iodine bersifat iritatif dan toksik bila masuk ke pembuluh darah.Aplikasi ekstrak jahe ditemukan untuk meningkatkan berbagai fase perbaikan luka termasuk sintesis dan pematangan kolagen, kontraksi luka dan epitelisasi.Jahe memiliki komponen analgesik, anti inflamasi dan hipoglikemi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas pemberian minyak jahe terhadap penyembuhan luka pada tikus putih betina (rattus norvegicus). Desain Penelitian ini adalah eksperimental laboratorik. Penelitian dilaksanakan di laboratorium PSPG Universitas Gadjah Mada.Sampel yang digunakan adalah 16 ekor tikus putih betina (rattus norvegicus) yang dibagi menjadi 3 kelompok.Analisis data menggunakan uji one way ANOVA. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji One way Anova didapatkan nilai p=0,000 dengan nilai α=0,05 (p<α) hal ini menujukkan bahwa ada perbedaan persentase penyembuhan luka antar kelompok perlakuan. Pemberian minyak jahe pada luka biopsy tikus putih betina lebih efektif dibandingkan dengan pemberian povidone iodine.

Keywords


efektifitas, minyak jahe, penyembuhan luka

Full Text:

PDF

References


Mochtar, R. 2012. Sinopsis Obstetri. Jakarta : EGC.

Sinclair,C.2010. BukuSaku Kebidanan. Jakarta: EGC.

Marzouk T, R. Barakat, A. Ragab, F. Badria, A. Badawy., 2014. Lavender-thymol as a New Topical Aromatherapy Preparation for Episiotomy: A Randomised Clinical Trial. Journal of Obstetrics and Gynaecology.

Widayani W. 2016.Aromaterapi Lavender dapat Menurunkan Intensitas Nyeri Perineum pada Ibu Post Partum.Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia.

Mohamed, AHB and Amira Altom Fawzi Osman. 2017. Antibacterial and Wound Healing Potential of Ethanolic Extract of Zingiber Officinale in Albino Rats. Journal of Diseases and Medicinal Plants. 2017; 3(1): 1-6 http://www.sciencepublishinggroup.com/j/jdmp.

Jain N, Varsha Sharma and Kishan G. Ramawat. 2011. Therapeutic potentials of medicinal plants traditionally used during postpartum period and their molecular targets. Journal of Ecobiotechnology 2011, 3(10): 30-39. http://journalecobiotechnology.com.

Sjamsuhidajat, R&Wim, de Jong (ed). 2004. Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta:EGC.


Abstract View: 312, PDF Download: 190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.