Perbedaan Perkembangan Personal Sosial Pre dan Post Pemberian Stimulasi Yoga Kids pada Anak Pra Sekolah
Kata Kunci:
perkembangan, personal social, stimulasi, yoga kidsAbstrak
Masa pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini merupakan masa keemasan. Perkembangan
personal sosial merupakan salah satu aspek perkembangan yang berhubungan dengan
kemampuan mandiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Perkembangan
personal sosial anak pra sekolah sudah mulai berjalan aktif. Faktor penting yang berpengaruh
dalam tumbuh kembang adalah stimulasi. Yoga kids merupakan salah satu terapi komplementer
yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan latihan gerakan yang indah dalam meningkatkan
kekuatan, fleksibilitas dan koordinasi tubuh melalui cara yang menyenangkan dengan kreasi
permainan didalamnya sesuai usia anak.Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan
perkembangan personal sosial pre dan post pemberian stimulasi yoga kids pada anak pra sekolah.
Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Eksperiment pre post test. Pengambilan sampel
dengan teknik total sampling sebanyak 28 responden. Analisis data menggunakan uji wilcoxon.
Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil perkembangan personal
sosial sebelum dan sesudah dilakukan stimulasi yoga kids dengan nilai positif rank = 8,50 dan p-
value = 0,001. Terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan personal sosial pre dan post
pemberian stimulasi yoga kids pada anak pra sekolah.
Unduhan
Referensi
Indrawati. ( 2017). Pendidikan anak Usia dini pada Masa Golden Age. Journal of Islamic studies, vol 1(1).
Soetjiningsih. 2005. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.
Nurmalitasari, Femmi. 2015. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah.Buletin Psikologi .Vol.23 (2), hlm. 103-111.
Sa’diyah. 2017. Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam. Vol. 16(1)
Ariyanti, Fitri dkk. 2007. Diary Tumbuh Kembang Anak usia 0-6 tahun. Bandung: Read Publishing House.
Kemenkes RI. 2016. Petunjuk Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : Kemenkes RI.
Young, A.J., & Silliman-French, L. 2017. Yoga for Young Children With Down Syndrome.31(3), 18-25.
Nyolinda dan Hartini, 2016. Campaign to Introduce Children Yoga to the Mothers in Bandung City, Journal to indroduce children yoga to the mother in Bandung City, vol 1, No 1, Universitas Ciputra.
Peck, H. L., Schools, B. P., Kehle, T., Bray, M. A., & Theodore, L. A. 2005. Yoga as an Intervention for Children With Attention. 34(3).
Azwaldi. dkk., 2021. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Model Denver Development Screening Test (DDST) II. Kediri : Lembaga Chakra Brahmanda Lentera.
Ibrahim, M.M., 2021. Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Makasar : Allaudin University Press.
Susanti, 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B TK Aisyiyah 2. Jurnal PAUD Agapedia, Vol 3, No 1.
Yeni Andriani. 2019. Faktor Yang Berhubungan dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di TK Nurul Husada Kalibaru Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, Vol. 06 No. 01, 20-27.
Sofiyanti, I., & Setyowati, H. (2021). Satu Bulan Penerapan Yoga Anak Meningkatkan Konsentrasi Belajar Usia Prasekolah. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 4(2), 150–156.
Astrina, W. (2020). Yoga Asana dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligances) pada Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Pelangi Cakranegara. Widya Sandhi, 10(1), 1966-1977.