Partisipasi UMKM Kabupaten Sleman dalam Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan
Keywords:
green economy, green product, UMKM, pembangunan lingkungan berkelanjutanAbstract
Perdagangan internasional selalu berkorelasi dengan lingkungan, karena produk yang diperdagangkan
bahan mentahnya berasal dari lingkungan. Namun sebagaimana kita ketahui bahwa perdagangan juga
menghasilkan limbah dari proses produksi. Limbah inilah yang merupakan salah satu zat yang merusak
lingkungan. Tetapi di sisi lain, produksi dalam industri merupakan elemen penting dalam pembangunan
ekonomi. Oleh karenanya, pembangunan ekonomi haruslah berwawasan lingkungan sehingga dapat
menyelamatkan alam dari kepunahan dan melindungi generasi mendatang dari kelangkaan sumber daya
alam. Sebagai pelaku UMKM yang tergolong industri kecil dan menengah, tentunya berperan penting
dalam pembangunan lingkungan berkelanjutan. Dengan menggunakan konsep green economy dan green
product, serta metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini akan melihat bagaimana bentuk
partisipasi UMKM di Kabupaten Sleman dalam menjalankan industrinya sehingga sesuai dengan tujuan
dari pembangunan lingkungan berkelanjutan
Downloads
References
Suharto, R. B.Perlindungan Hak Dunia Ketiga Atas Sumber Daya Alam. PT. Tiara Wacana Yogya. 2001
Masturoh, L. M. Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Green Bag di Carrefour Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol 5(1), 1–14. 2017
FreightSight. Sandi Ajak para Pelaku UMKM untuk Memanfaatkan Potensi Ekspor Green Product.2022
Yanuarwati, W. Ekspor Sleman Tembus 85 Juta USD. Jawapos - Radar Jogja. 2023
Pranyoto, V. S. Sleman Tuan Rumah Seminar “UMKM Halal Go Export.” Antarayogya.2022
Tambunan, T. T. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. LP3ES.2012
DISPERINDAG Sleman. Data Industri 2013 s.d 2017.https://data.slemankab.go.id/data/dataset?q=&organization=dinas-perindustrian-dan-perdagangan&tags=industri&sort=score+desc%2C+metadata_modified+desc. 2018
Rasbin.Strategi Meningkatkan Ekspor Produk-Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Indonesia: Studi Kasus Di Kabupaten Sleman Dan Kota Surabaya. Kajian, 24(1), 149–158.2019
Priyadi, B. P.Pendekatan Kualitatif Oleh : Budi Puspo Priyadi. “Dialogue” JIAKP, 2(2),854–867. 2005
Susilo, Andi. Panduan Pintar Ekspor Impor. Transmedia. 2013
Reed, Ratya Anindita Michael R. Bisnis dan Perdagangan Internasional. Andi Offset. 2008
Venti Eka Satya, dkk. Perkembangan Investasi dan Ekspor Produk UMKM Dalam Era Ekonomi Digital. Buku Obor. 2020
Abdurohim BS, Dindin. Pengembangan UMKM Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis UMKM. Refika Aditama. 2021
Rachmawan Budiarto,dkk. Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM Press. 2021
Obsatar Sinaga, dkk. Diplomasi Lingkungan Indonesia Antara Asa dan Realita.UKI Press.2018