Pengaruh Edukasi dengan Flipchart terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue pada Siswa SMPN 10 Yogyakarta

Paulinus Deny Krisnanto, Ismi Azizah, Fransiska Lanni

Abstract


Kasus DBD Indonesia pada bulan Oktober 2021 tercatat 37.646 kasus mencapai 361 meninggal
dunia. Golongan yang mendominasi mengalami DBD di Indonesia berkisar usia 5-14 tahun
sebanyak 43,44% dan usia 15-44 tahun mencapai 33,25%. Peningkatan demam berdarah dengue
disebabkan rendahnya pengetahuan tentang cara penularan, penyebab, dan pencegahan DBD.
Cara meningkatkan pengetahuan adalah dengan edukasi. Tujuan dari penelitiannya ini adalah
melihat pengaruh edukasi dengan Flipchart terhadap Pengetahuan Demam Berdarah Dengue
pada Siswa SMPN 10 Yogyakarta. Jenis penelitian ini ialah Quasi eksperimen dengan desain one
group pre-test dan post-test design. Pengambilan sampel dengan teknik Propotionate Random
Sampling, dengan jumlah sampel 39 siswa. Uji Statistik menggunakan Uji Wilcoxon.
Pengetahuan sebelum diberikan edukasi Flipchart diperoleh median 55,00 sedangkan setelah
diberikan edukasi diperoleh nilai median 80,00. Hasil uji bivariat pengaruh edukasi dengan
Flichart dengan pengetahuan DBD dengan p-value 0,00. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
edukasi dengan media flipchart terhadap pengetahuan demam berdarah dengue pada siswa SMP
Negeri 10 Yogyakarta.


Keywords


Flipchart; DBD; Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. (2017). Profil kesehatan indonesia 2016. Jakarta: kemenkes RI, 22016.

Laili, V. M. (2022). Melalui Edu Dbd Game Terhadap Pengetahuan Dan SikapSiswa Smpn 10 Yogyakarta tentang Pencegahan Demam Berdarah Dengue. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/8230/

Hariyadi, H., & Wibowo, P. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Flip Chart terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Mengenai Demam Berdarah Dengue. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 819-826.

Hendri, J., Prasetyowati, H., Hodijah, D. N., & Sulaeman, R. P. (2020). Pengetahuan demam berdarah dengue pada siswa di berbagai level pendidikan wilayah Pangandaran. ASPIRATOR-Journal of Vector-Borne Disease Studies, 12(1), 55-64.

Fitri, D. E., & Jamiati. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Vulva Hygiene. Health Care : Jurnal Kesehatan,9(2), 53–60. https://doi.org/10.36763/healthcare.v9i2.87

Noviani U. (2021).Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual dan Flipchart terhadap Perilaku Anak. Jurnal Ilmiah Obsgin, 13(3), 160–171.

Mubarak, W. I., Chayanti, N., & Rozikin, K. S. (2007). Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. GRAHA ILMU.

Wawan, A. (2010). Teori & pengukuran pengetahuan, sikap, & perilaku manusia. Nuha medika.

Pratiwi, E., Haryani, W., & Purwati, D. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Menggunakan Flip-chart Terhadap Tingkat Pengetahuan Menyikat Gigi Bagi Siswa Sekolah Dasar Remaja Parakan. Journal of Oral Health Care, 7(2), 77-87.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Khafifa, S., Novaria, A. A., & Sukamto, E. (2023). The Effect of Nutrition Education on Knowledge about Anemia Prevention Using Flipchart Media among Middle School Students at the Istiqomah Samarinda Islamic Boarding School. Formosa Journal of Science and Technology, 2(10), 2881-2890.

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Bagaray, F. E., Wowor, V. N., & Mintjelungan, C. N. (2016). Perbedaan efektivitas DHE dengan media booklet dan media flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 126 Manado. e-GiGi, 4(2).

Kantohe, Z. R., Wowor, V. N., & Gunawan, P. N. (2016). Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. e-GiGi, 4(2).

Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158-166.


Abstract View: 22, PDF Download: 31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.