Pengaruh Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) Terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa

Nunung Rachmawati, Tri Arini, Yayang Harigustian

Abstract


Situasi monoton yang diikuti mahasiswa dalam proses pembelajaran menyebabkan mahasiswa merasa
lelah baik secara fisik, mental maupun emosional. Hal tersebut juga merupakan salah satu sumber stres
akademik yang dapat dialami oleh mahasiswa. Stres akademik yang berkelanjutan dapat menyebabkan
burnout di bidang akademik. Kegiatan perkuliahan yang bermacam-macam mengharuskan mahasiswa
untuk berperan serta secara aktif baik secara fisik maupun pikiran sehingga menyebabkan mahasiswa
mengalami burnout di bidang akademik. Academic burnout dapat menyebabkan masalah fisik dan
psikologis yang serius bagi mahasiswa jika tidak mendapatkan perhatian khusus. Terapi non
farmakologis yang dapat diterapkan dengan mudah, biaya terjangkau dan tidak menimbulkan efek
samping bagi mahasiswa adalah terapi Emotional Freedom Technique (EFT). Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh terapi EFT terhadap academic burnout pada mahasiswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian pre-post test with
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Keperawatan YKY
Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi EFT terhadap academic burnout
mahasiswa namun tidak signifikan (p=0,908). Perbedaan hasil analisis antara kelompok intervensi dan
kontrol menunjukkan adanya respon yang berbeda pada kedua kelompok tersebut berdasarkan ada
tidaknya intervensi berupa pemberian terapi EFT.


Keywords


Burnout; Emotional Freedom Technique; Mahasiswa; Terapi

Full Text:

PDF

References


Suwartika I, Nurdin A, Ruhmadi E. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. J Keperawatan Soedirman. 2014;9(3).

Watson, Deary R, Thompson I, Lig D. Study of Stress and Burnout in Nursing Students in Hongkong: A questionnaire survey. Int J Nurs Stud. 2008;45:1534–42.

Rad M, Shomoossi N, Rakhshani, M H, Sabzevari, M T. Psychological Capital and Academic Burnout in Students of Clinical Majors in Iran. Acta Fac Medicae Naissensis. 2017;311–9.

Lin S, Huang Y. Life Stress and Academic Burnout. Act Learn High Educ. 2014;15(1):77–90.

Aguayo R, Cañadas GR, Assbaa-Kaddouri L, Cañadas-De la Fuente GA, Ramírez-Baena L, Ortega-Campos E. A risk profile of sociodemographic factors in the onset of academic burnout syndrome in a sample of university students. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(5).

Devi HM, Nursalam, Hidayati L. Burnout Syndrome Mahasiswa Profesi Ners Berdasarkan Analisis Faktor Stressor, Relational Meaning dan Coping Strategy. J Ners. 2013;8(2):175–82.

Thahir A, Sulastri, Almurhan. Emotional Freedom Technique. J Kesehat. 2014;5(1):84–9.

Harbottle L. Potential of Emotional Freedom Techniques to Improve Mood and Quality of Life in Older Adults. 2019;

Lataima NS, Kurniawati ND, Astuti P. Manfaat Emotional Freedom Technique (EFT) Bagi Pasien Dengan Gangguan Kecemasan. J Penelit Kesehat “SUARA FORIKES” (Journal Heal Res “Forikes Voice”). 2020;11(2):129.

Wati NMN, Mirayanti NW, Juanamasta IG. The Effect of Emotional Freedom Technique Therapy on Nurse Burnout. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit. 2019;8(3):173–8.

Bryan, K W, Li H. Understanding Issues Related to Today’s College Students: Dealing with Burnout. Couns Concepts Appl Student Aff Prof. 2010;6.

Huey S. Occupational Stress, Social Problem Solving and Burnout Among Mental Health Professional in HIV/AIDS Care. Drexel University; 2007.

Berli. Pengaruh Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. Universitas Tarumanegara; 2012.

Fox L. Is Acupoint Tapping an Active Ingredient or an Inert Placebo in Emotional Freedom Technique (EFT)? A Randomized Controlled Dismantling Study. Energy Psychol J. 2013;5(2):15–26.

Lee S, Han S, Lee S, Lim J. Effects of Emotional Freedom Technique on Academic Stress in Korean Medical Students : A Single-Group Pre-Post Study. J Orient Neuropsychiatry. 2022;33(1):33–48.

Bougea A, Spandideas N, Alexopoulos E, Thomaides T, Chrousos G, Darviri C. Effect of The Emotional Freedom Technique on Perceived Stress, Quality of Life and Cortisol Salivary Levels in Tension-Type Headache Sufferers : A Randomized Controlled Trial. J Sci Heal. 2013;9(2):91–9.

Wati N, Mirayanti N, Juanamasta I. Pengaruh Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) Terhadap Burnout Perawat Pelaksana. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit. 2019;7.

Boath E, Stewart A, Carryer A. Tapping for Success : A Pilot Study to Explore if Emotional Freedom Technique (EFT) Can Reduce Anxiety and Enhance Academic Performance in University Students. IPIHE. 2013;1(3):1–13.

Patterson S. The Effect of Emotional Freedom Technique on Stress and Anxiety in Nursing Students : Pilot Study. Nurse Educ Today. 2016;40:104–9.


Abstract View: 32, PDF Download: 40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.