Peningkatan Perilaku Pencegahan Covid-19 Dengan Intervensi Pendidikan Kesehatan Pada Asuhan Keperawatan Komunitas

Rizky Erwanto, Muflih, Gusti Ayu Saraswati

Abstract


Kejadian COVID-19 masih menjadi masalah utama di dunia termasuk Indonesia dan masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi saat ini akibat penyakit menular. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah tertularnya virus ini adalah dengan mencuci tangan, memakai masker, menjauhi keramaian, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas melalui penyuluhan kesehatan secara daring. Tujuan dari penelitian ini ntuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terkait pencegahan penularan COVID-19 secara daring terhadap tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku pada kelompok agregasi dewasa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Intervensi penyuluhan kesehatan hanya dilakukan satu kali yaitu pada tanggal 15 Juli 2021. Tingkat pengetahuan terkait pencegahan penularan COVID-19 secara agregat sebelum diberikan penyuluhan sebesar 41,7% dan meningkat menjadi 58,3% setelah diberikan penyuluhan. Sikap terkait pencegahan penyebaran COVID-19 secara agregat sebelum diberikan penyuluhan sebesar 33,3% dan meningkat menjadi 91,7%% setelah diberikan penyuluhan. Perilaku terkait pencegahan COVID-19 secara agregat sebelum diberikan penyuluhan sebesar 41,7% dan meningkat menjadi 58,3% setelah diberikan penyuluhan. Terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan secara daring terhadap peningkatan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku setelah diberikan penyuluhan terkait pencegahan penularan COVID-19.

Keywords


Penyuluhan Kesehatan; COVID-19; Pengetahuan; Sikap; Perilaku

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. (2020). Cara Memakai dan Melepas Masker yang benar. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/warta-infem/beginilah-cara-memakai-dan-melepaskan-masker-yang-benar.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Cara mencuci tangan yang benar.https://infeksiemerging.kemkes.go.id/info-corona-virus/begini-cara-mencuci-tangan-yang-benar.

WHO. (2020). Corona Virus – 2019. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub.

Wulandari, W. T. dkk. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Upaya Menerapkan Protokol Kesehatan.Jurnal Ilmu Kesehatan.

Wulan, S. dkk. (2021). Penyuluhan Protokol Kesehatan dengan Media Video dan Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Lansia Tentang Pencegahan Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Rosidin, U. dkk. (2021). Edukasi Daring Tentang Pencegahan COVID-19 pada Tokoh Masyarakat Desa Haurpanggung Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.4(1).

Yulianis, dkk. (2020). Informasi Kesehatan melalui Penyuluhan, Poster dan Leaflet di Dusun Talang Parit Desa Kemingking Dalam Kecamatan Taman Rajo Provinsi Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan, 2(2).

Haris, H. dkk. (2019). Peningkatan Pengetahuan Lanjut Usia melalui Pendidikan Kesehatan dengan Menggunakan Media Power Point. Medika Karya Kesehatan, 2(2).

Notoatmodjo S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulandini, P. dkk. (2021). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku 3M pencegahan COVID-19 pada ibu PKK di Desa Rambah Hilir Timur tahun 2021. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(1).

Mulyani, E. Y., Ummanah, N. A., & Elvandari, M. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Melalui Edukasi Online Gizi dan Imunitas Saat Pandemic COVID-19. 1(1), 70–78.


Abstract View: 251, PDF Download: 196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.