Kekerasan Seksual Dan Perempuan Dalam Iklan Susu Seoul Milk

Nidya Dwi Megumi, Mohammad Solihin

Abstract


Perempuan selalu dijadikan obyek kekerasan seksual yang masih saja marak terjadi baik itu secara langsung maupun online. Hal ini akan menyebabkan dampak menghilangkan nilai kepercayaan diri perempuan untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan. Tidak hanya menghambat secara fisik, namun juga berdampak pada psikisnya. Kekerasan seksual ini merupakan salah satu wujud bias gender yang dapat terjadi di mana saja dan kapanpun termasuk di media massa. Berkaitan dengan media massa, iklan yang merupakan salah satu contoh praktik komunikasi massa menggunakan media massa sebagai media dalam penyampaian pesan iklan. Iklan Susu “Seoul Milk” yang diproduksi oleh salah satu perusahaan ternama di Korea Selatan termasuk ke dalam bias gender yang dikemas seperti merendahkan perempuan dan tidak menghargai perempuan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui gambaran kekerasan seksual dan menjelaskan wujud kekerasan seksual terhadap perempuan dalam iklan susu “Seoul Milk”. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Iklan Susu “Seoul Milk” mengandung unsur kekerasan seksual terhadap perempuan berupa kekerasan verbal dan visual. Perempuan dalam iklan tersebut digambarkan sama seperti binatang sapi.

Keywords


kekerasan seksual; perempuan; bias gender; iklan; susu seoul milk

Full Text:

PDF

References


Kurniawan Eka Mulyana. Terdapat 1.411 Kasus Kekerasan terhadap Perempuan Sepanjang Januari hingga Februari 2022. kompas.tv. 2022.

Prihatiningsih T, Mudrikah IM. Representasi Perempuan Dalam Iklan (Studi Deskriptif Terhadap Tayangan Iklan Di Televisi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA [Internet]. 2020;7(2). Available from: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika

bemu.umm.ac.id. International Women’s Day: Gender Equality Today For A Sustainable Tomorrow. bemmu.umm.ac.id. 2022.

Rizal Fadli. Hati - Hati, Ini Dampak Kekerasan Seksual pada Psikis dan Fisik Korban. halodoc.com. 2022.

kemenpppa.go.id. Mencapai Kesetaraan Gender Dan Memberdayakan Kaum Perempuan [Internet]. kemenpppa.go.id. 2017 [dikutip 2022 Des 29]. Available from: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1439/mencapai-kesetaraan-gender-dan-memberdayakan-kaum-perempuan

Fathul Latif. Kom - Opini Mahasiswa Mengenai Iwan Fals Sebagai Brand Ambassador Dalam Iklan Top Coffe. Skripsi. 2014;

Daurina Lestari. Iklan Tampilkan Wanita Jadi Sapi, Produsen Susu Korsel Dikecam Publik [Internet]. viva.co.id. 2021 [dikutip 2022 Des 29]. Available from:https://www.viva.co.id/berita/dunia/1432280-iklan-tampilkan-wanita-jadi-sapi-produsen-susu-korsel-dikecam-publik?page=2

Ayu Putri Sulasri. Presentasi Bias Gender Pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Televisi Fair And Lovely Versi Nikah ATAU S2). 2016.

Mudjiyanto B, Nur E, Pengkajian B, Komunikasi P, Jakarta I, Pengkajian BB, dkk. Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research Method of Communication. Vol. 16, Informatika dan Media Massa t PEKOMMAS. 2013.

Kurniawan. Semiologi Roland Barthes [Internet]. Cetakan Pertama. Amien Wangsitalaja, editor. Magelang: IndonesiaTera; 2001 [dikutip 2022 Des 29]. Available from: https://books.google.co.id/books?id=fxhA1o7t4i0C&printsec=copyright&hl=id&source=gbs _pub_info_r#v=onepage&q&f=false

al Fiatur Rohmaniah. Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 2021 Jul 2;Volume 2 Nomor 2.

Lee Seung Ah. Seoul Milk: the milk of the nation for 79 years [Internet]. korea.net. 2015 [dikutip 2022 Des 29]. Available from: https://www.korea.net/NewsFocus/Business/view?articleId=125259

Sri Pujiati. Mengenal Kejahatan “Molka” dalam Film “Miss and Mrs Cops” [Internet]. Kompasiana.com. 2021 [dikutip 2022 Des 29]. Available from:https://www.kompasiana.com/sripu/602f37168ede4852186b4534/mengenal-molka-dalam-film-miss-and-mrs-cops

merdekadarikekerasan.kemdikbud.go.id. Apa itu kekerasan seksual ? [Internet]. merdekadarikekerasan.kemdikbud.go.id. 2020 [dikutip 2022 Des 29]. Available from: https://merdekadarikekerasan.kemdikbud.go.id/kekerasan-seksual/

Firdaus Noor. Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Iklan New Era Boots Di Televisi (Kajian Semiotika Roland Barthes). Jakarta; 2017.

Ihsani SN. Kekerasan Berbasis Gender dalam Victim-Blaming pada Kasus Pelecehan yang Dipublikasi Media Online. Jurnal Wanita dan Keluarga. 2021 Jul 26;2(1):12–21.


Abstract View: 171, PDF Download: 238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.