Pelatihan Pengukuran Antropometri Bagi Kader Posyandu Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita Di Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta

Endang Lestiawati, Paulinus Deny K, Listyana Natalia R

Abstract


Masa balita membutuhkan banyak nutrisi atau gizi yang seimbang untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik, jika nutrisi balita tidak terpenuhi dengan baik maka balita akan mengalami masalah gizi yaitu, kekurangan energi protein, kekurangan vitamin A, anemia gizi besi, obesitas dan stunting. Stunting dapat menimbukan dampak yang buruk bagi anak, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Upaya pemantauan tumbuh kembang anak usia dini secara pokok merupakan tugas keluarga dan dibantu oleh kader Posyandu melalui kegiatan Posyandu. Program Posyandu dilakukan di setiap desa oleh kader. Umumnya kegiatan Posyandu meliputi kegiatan penimbangan balita dan pemberian nutrisi. Melalui penimbangan akan dapat diketahui secara dini adanya gangguan pertumbuhan. Salah satu strategi yang digunakan sebagai upaya pencegahan masalah pertumbuhan dalam hal ini stunting pada balita secara dini dengan pelatihan pengukuran antropometri pada kader. Metode peneilitian quasi experiment without control group dengan sampling total sampling dengan jumlah 22 kader, uji statistic menggunakan T-Test Paired, metode intervensi ceramah, diskusi dan simulasi. Hasil penelitian didapatkan nilai Pre Test pengetahuan 79,09 dan nilai Post test pengetahuan 93,18 dan didapatkan p-value 0,00. Kesimpulan: terdapat pengaruh pelatihan pengukuran atropometri dengan ceramah, diskusi dan simulasi terhadap pengetahuan kader posyandu di Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotrtagede Kota Yogyakarta.

Keywords


Pelatihan; Antropometri; Kader Posyandu; Balita

Full Text:

PDF

References


Welasasih & Wirjatmadi. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Balita Stunting. The Indonesian Journal of Public Health. 2012; 99–104.

Istiany, A. Gizi Terapan. PT Remaja Rosdakarya; 2013

Kemenkes RI. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan : Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. Pusat Data dan informasi Kementrian Kesehatan RI; 2018.

Riskesdas. Laporan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Priyono, P. K. Pemberdayaan Kader Posyandu tentang Penanggulangan Stunting pada Balita di Desa Mlese Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. INVOLUSI: Jurnal Ilmu Kebidanan. 2022; 12 (1), 6–12.

Handarsari, E., Syamsianah, A., & Astuti, R. Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Posyandu di Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional. 2015.

Intan, N.,& Budiono, I. Pengaruh Pelatihan Antropometri terhadap Pengetahuan Kader Posyandu. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition. IJPHN 2 (2) (2022) 171-177

Anna, F., & Purwaningtyas. Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Posyandu dalam Pengukuran Antropometri di Kelurahan Cilandak Barat Jakarta Selatan. Jurnal Solma. Vol.09, No.02,pp. 367-378:2020.

Martina P et all. Promosi Kesehtan dan Perilaku Kesehatan . Yayasan Kita Menulis : 2021

Santrock, J. Psikologi pendidikan. In Kencana (Kedua). Kencana.2012.

Susanto, F., Claramita, M., & Handayani, S. Peran kader posyandu dalam memberdayakan masyarakat Bintan. Berita Kedokteran Masyarakat. 2017; 33(1), 1759.

Rubai, W. L. Peningkatan kapasitas kader dalam penerapan pemantauan pertumbuhan balita di Posyandu Padukuhan Sembung. Berita Kedokteran Masyarakat. 2018; 34(5), 1.

Triyanti, M., Widagdo, L., & BM, S. Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Pemantauan Tumbuh Kembang Balita di Posyandu dengan Metode BBM dan Mind Mapping (MM). Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. 2017; 12(2), 265–277.


Abstract View: 173, PDF Download: 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.