Pengaruh Teknik Pernapasan Yoga (Pranayama) Terhadap Burnout Akademik Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19

Dheska Arthyka Palifiana, Sitti Khadijah, Ririn Wahyu Widayati, Marwah Erwanda

Abstract


Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia mengharuskan pendidikan dilakukan secara online atau daring. Pembelajaran online juga menyebabkan pelajar menyebabkan stress, burnout dan jenuh. Burnout akademik dapat diatasi dengan latihan pernapasan yoga (pranayama).. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh teknik pernapasan yoga (pranayama) terhadap burnout akademik mahasiswa pasca pandemic covid-19. Metode penelitian: Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest with control group design. Populasi 80 mahasiswi Prodi Keperawatan dan Kebidanan FIKES UNRIYO, sampel 44 mahasiswi sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Pembagian kelompok sampel yaitu 22 responden untuk kelompok perlakuan (pernapasan yoga atau pranayama) dan 22 responden untuk kelompok control (meditasi). Analisis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian: Ada pengaruh teknik pernapasan yoga (pranayama) terhadap burnout akademik mahasiswa pasca pandemic covid-19(p-value 0,000). Tidak ada pengaruh meditasi terhadap burnout akademik mahasiswa pasca pandemic covid-19 (p-value 0,134). Kesimpulan : Teknik Pernapasan Yoga (Pranayama) Berpengaruh terhadap Burnout Akademik Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19.

Keywords


pernapasan yoga; pranayama; burnout akademik

Full Text:

PDF

References


Siregar. H.S, Sugilar. H, H. . (2020). Merekonstruksi Alam dengan Kajian Sains dan Agama Studi Kasus pada Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dampak Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Purwanto A, Pramono R, Asbari M, Santoso P.B, Wijayanti, L. . (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Argaheni, N. . (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya,8(2), 99–108.

Khairani, Y & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208.

Schaufeli, W.B, Martinez, I.M, Pinto, A. . (2002). Burnout and Engagement in University Students A Cross- National Study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481.

Jimenez-Ortiz, J.L, Islas-Valle, R.M, Jimenez-Ortiz, J.D, Perez-Lizarraga, E, Hernandez- Garcia, M.E & Gonzalez-Salazar, F. (2019). Emotional Exhaustion, Burnout and Perceived Stress in Dental Students. Journal of International Medical Research, 47(9), 4251–4259

Listiyandini, R. . (2017). Menjadi Mahasiswa Tangguh. Psychological, 1(3)

Curtis. K, Weinrib. A, K. J. (2012). Systematic review of Yoga for Pregnant Women: Current Status and Future Directions. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Amy E. Beddoe I, K. A. L. (n.d.). Mind-Body Intervention During Pregnancy.

Sophia, S., Septriliyana, N., & Nuzulmi, A. (2018). Efektivitas Yoga Pranayama Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III. Prosiding PIN-LITAMAS 1, 1(1), 432–438

Susanto. S & Azwar. A.G. (2020). Analisis Tingkat Kelelahan Pembelajaran Daring dalam Masa Covid-19 dari Aspek Beban Kerja Mental. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 13(2), 102–112.

Brown.R.P & Gerbarg. P. L. (2005). Sudarshan Kriya Yogic Breathing in the Treatment of Stress, Anxiety, and Depression: Part I-Neurophysiologic Model. The Journal of Alternative and Complementary Medicine, 11(1), 189–201.

Brannon. L & Feist. J. (2010). Health Psychology an Introduction to Behavior and Health (7Ed). Wadsworth.


Abstract View: 220, PDF Download: 173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.