Hubungan Faktor Risiko Usia, Gender, Jumlah Kunjungan, Pekerjaan dengan Nyeri Punggung Bawah Neuropati di Poli Fisioterapi Puskesmas Kalasan dalam Rentang Tahun 2020-2021

Aan Ika Sugathot, Agnes Savitri Agni, Markus G Kumara Agni Andre Cristian Abeh, Siti Fitriani Simatupang

Abstract


Nyeri Punggung Bawah (NPB) merupakan salah satu gangguan neuro muskulo skeletal yang sangat banyak dialami oleh masyarakat.Kondisi ini menyebabkan keterbatasan gerakdan juga ketidak mampuan untuk beraktivitas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data akurat terkait hubungan antara usia, jenis kelamin, penyakit penyerta, jumlah kunjungan, dan pekerjaandi wilayah Puskesmas Kalasan 1.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang dilakukan diPuskesmas Kalasan 1 Sleman DIYdengan mengambil data rekam medis sepanjang tahun 2020hingga tahun 2021.HasilDari hasil identifikasi jumlah kunjungan pasien dengan diagnosa medisLow Back Painkarena gangguan neurologi ada54 pasien sepanjangtahun 2020- 2021.Jumlah kunjangan paling sedikit 1 x, dan paling banyak 8 kali. Jenis kelamin 67,5% adalah wanita sedangkan 32,5% adalah pria. Usia yang paling sering mengalami LBP yaitu pada usia 36-60 tahun yaitu 50% dari jumlah sample. Pekerjaan yang paling sering mengalami LBP yaitu ibu rumah tangga sebesar 63% dari jumlah sampel. Sedangkan riwayat penyakit penyerta yang paling banyak adalahdengan penyakit penyertayaitu 26%.

Keywords


nyeri punggung bawah; puskesmas kalasan 1; rekam medis

Full Text:

PDF

References


Andini, F. Risk Factors Of Low Back Pain In Workers. Journal Majority; 2015.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Edi, I Gede Made Saskara. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Pada Pengobatan: Telaah Sistematik. Denpasar : Jurnal Ilmiah Medicamento Vol.1 No.1; 2015.

Haldeman,S, Lun Lu,M, Baker, D. Journal Manipulative Physiol Ther. Sep; 39 (7): 459–472;2016.

Helmi, N.Z. Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal. Jakarta Selatan: Salemba Medika;2012.

Hendra & Rahardjo, S.Risiko Ergonomi Dan Keluhan Muskuloskeletal Disorder Pada Pekerja Panen Kelapa Sawit. Makalah disa- jikan dalam Prosiding Seminar Nasional Ergonomi IX Semarang, 17-18 November; 2009.

Kuntono H.P. Management Nyeri Muskuloskeletal. Makalah disajikan dalam Temu Ilmiah Tahunan Fisioterapi XV. Semarang; 2005.

Muryamingyas BM, Tri M. Analisis Tingkat Risiko Muskuloskeletal Disorders (MSDs) dengan The Rapid Upper Limbs Assessment (Rula) dan Karakteristik Individu Terhadap Keluhan MSds. Surabaya : J Unair; 2022.

Ni Putu L. N. I. Sari,Theresia Isye Mogi ,Engeline Angliadi. Hubungan Lama Duduk Dengan Kejadian Low Back Pain Pada Operator Komputer Perusahaan Travel Di Manado. Jurnal eClinic (eCl), Volume 3, Nomor 2, Mei-Agustus; 2015.

Nelwan. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III.. Jakarta: Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI; 2007.

Pasha MF. Penatalaksanaan fisioterapi pada kondisi Low Back Pain Spondilosis Lumbal Dengan Modalitas Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation Dan William Flexi Exersice di RSUD Bendan Pekalongan. Ilmu Pengetah dan Teknol; 2015.

Tarwaka. Ergonomi Industri Dasar - Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press; 2014.

Tiaranita L. Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Low Back Pain Et Causa Hernia Nucleus Pulposus L5-S1 Dengan Modalitas Micro Wave Diathermy Dan Terapi Latihan Di RSUP. Dr. Sarjito Yogyakarta. Naskah Publikasi; 201


Abstract View: 148, PDF Download: 363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.