EDUKASI DIET DAN PELATIHAN PEMBUATAN MENU DIABETES MELLITUS PADA LEVEL KELUARGA MELALUI GRUP WHATSAPP

Fera Nofiartika, Siti Wahyuningsih, Ari Triastuti, Nia Rizqy Lestari

Abstract


Prevalensi penyakit Diabetes Mellitus (DM) di Indonesia cukup tinggi. Jumlah penyandang DM mengalami kenaikan setiap tahunnya. Diabetes merupakan faktor risiko penting pada terjadinya penyakit jantung, gagal ginjal maupun kebutaan. Pada berbagai penelitian terbaru juga disebutkan bahwa penyakit DM dapat meningkatkan keparahan infeksi Covid-19. Sebagian besar diabetisi yang tergabung dalam kelompok Prolanis Klinik Swa belum memahami diet DM yang benar. Pengetahuan diet akan berpengaruh pada pola makan dan kestabilan kadar gula darah. Pemilihan makanan berdasarkan indeks glikemik juga belum benar-benar dipahami oleh pasien maupun keluarga pasien sendiri. Mayoritas pasien diabetes sudah pernah mendapatkan konseling gizi, tetapi konseling hanya satu kali tanpa kunjungan ulang. Konseling hanya satu kali ini belum cukup untuk bisa membuat pasien paham mengenai detail pengaturan makan hingga tahap pemilihan menu untuk pasien DM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pasien DM terkait pengaturan makan pasien DM serta meningkatkan ketrampilan dalam menyiapkan menu sehari-hari bagi pasien DM. Setelah pengabdian diberikan, diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta pengabdian mengenai penyakit DM dan tatalaksana DM 4 pilar serta pengaturan makan pada pasien DM dengan prinsip 3J. Selain itu, setelah pengabdian ini diberikan, sebagian peserta mampu menyusun menu pasien DM dengan baik.

Keywords


edukasi; pelatihan; penyusunan menu; Diabetes mellitus

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Hasil Riskesdas 2013. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.2018. Hasil Riskesdas 2018. Jakarta.

Jing Yang, Ya Zheng, Xi Gou, Ke Pu, Zhaofeng Chen, Qinghong Guo, et al. (2020). Prevalence of Comorbidities in the Novel Wuhan Coronavirus (COVID-19) infection: a systematic review

and meta-analysis. Internet. J Infect Dis, doi:https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.03.017.

Onder G, Rezza G, Brusaferro S. (2020).Case-Fatality Rate and Characteristic of Patients Dying in Relation to COVID-19 in Italy. JAMA; Mar 23.

Kusnanto, Sundari PM, Asmoro CP, Arifin H. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Diabetes Self-Management Dengan Tingkat Stres Pasien Diabetes Melitus Yang Menjalani Diet. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22 (1), 31–42

Dewi T , Amir A, Sabir M. (2018). Kepatuhan Diet Pasien DM Berdasarkan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga di Wilayah Puskesmas Sudiang Raya. Media Gizi Pangan, 25(1)

Bertalina dan Aindyati A. (2016). Hubungan Pengetahuan Terapi Diet dengan Indeks Glikemik Bahan Makanan yang Dikonsumsi Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan,7(3)

DISDIK Kota Jambi (2021) Edukasi adalah Pendidikan, Ketahui Jenis-jenis dan Manfaatnya.

Siregar, Z.N. (2019) Pengaruh Edukasi WhatsApp terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Deteksi Dini Kanker Serviks pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Bulan Medan.

Stephani, C. (2021) Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek†Media Sosial Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia „Melek‟ Media Sosial.â€


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.