GAMBARAN KESIAPSIAGAAN SEKOLAH DALAM MENCEGAH PENULARAN COVID-19 DI SEKOLAH

Fajarina Lathu Asmarani, Endang Nurul Syafitri, Shindi Fazri Fatmasari

Abstract


Surat Keputusan Bersama empat menteri tahun 2020 memperbolehkan kegiatan belajar di sekolah mulai Tahun 2021. Pembukaan kembali sekolah perlu dilakukan dengan matang, mitigasi pencegahan penularan COVID 19 perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan sekolah dalam mencegah terjadinya klaster sekolah. Identifikasi Kesiapan Sekolah dalam Mencegah Penularan COVID 19 di Sekolah dengan pendekatan Comprehensive Health School Model (CHSM) belum pernah diteliti. Wawancara dengan salah satu guru SD Negeri menyebutkan bahwa sekolah belum melakukan persiapan untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah teridentifikasi kesiapsiagaan Sekolah dalam Pencegahan Penularan COVID 19 di Sekolah. Penelitian ini merupakan Deskriptid Kuantitatif. Kesiapsiagaan Sekolah dilihat dari pelaksanaan empat komponen Comprehnsive Health School Model dari WHO. Teknik sampel menggunakan total sampling pada Sekolah Dasar di Kecamatan Ngemplak berjumlah 22. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan data univariat. Hasil penelitian menunjukkan 33,82% menunjukkan kurang dan 68,18% menunjukkan baik dalam kesiapsiagaan sekolah dalam Pencegahan Penularan COVID 19 di sekolah. SD Negeri yang tidak membuka Jendela/Ventilasi selama pembelajaran berjumlah 6. Jarak bangku di kantor belum berjarak 1 meter juga ditemukansebanyak 4 dan di ruangan kelas tidak ditemukan disinfektan ditemukan pada 2 SD Negeri. 68,8% SD Negeri di Kecamatan Ngemplak memiliki Kesiapsiagaan yang baik dalam Pencegahan Penularan COVID 19 di Sekolah.

Keywords


CHSM, COVID-19, Kesiapsiagaan, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.

Huda, Miftahul. (2021). Mendikbud RI Perbolehkan Belajar Tatap Muka di 2021, Sekda DIY Tak Ingin Ada Klaster di Sekolah, diakses pada 17 Maret 2021 dari https://jogja.tribunnews.com/2020/11/20/mendikbud-ri-perbolehkan-belajar-tatap-muka-di2021-sekda-diy-tak-ingin-ada-klaster-di-sekolah

CNN. (2021). Jokowi Ingin Tatap Muka Dimulai Juli. Diakses pada tanggal 17 Maret 2021 dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210224151137-20-610396/jokowi-inginsekolah-tatap-muka-dimulai-juli-2021

Musfah, J. (2020). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH ERA PANDEMI. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Sumartono. (2020). Klaster Sekolah Bermunculan, Ini Datanya. Diaskes pada tanggal 17 Maret 2021 dari https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2020/08/13/510/1046989/covid-19-klaster-sekolah-bermunculan-ini-datanya

Zebua, Julius Zebua, (2020). Berawal dari Seorang Guru Positif Covid-19 Usia Melayat Kerabat, 20 Orang Terinfeksi Corona. Diakses pada tanggal 17 Maret 2021 dari GAMBARAN KESIAPSIAGAAN SEKOLAH DALAM MENCEGAH PENULARAN COVID-19 DI SEKOLAH 351351

https://regional.kompas.com/read/2020/12/12/11184311/berawal-dari-seorang-guru-positifcovid-19-usai-melayat-kerabat-20-orang?page=all

Dinnata, Regi Yabuar Widhia. (2020). Berkaca dari Klaster Ponpes, DIY Enggan Terburuburu Sekolah Tatap Muka. Diakses pada tanggal 17 Maret 2021 dari baca: https://regional.kompas.com/read/2020/12/12/15055191/guru-sd-positif-covid-19-menulari-20-orang-sekolah-ditutup-sementara

Dwianto, Achmad Reyhan, (2020). Satgas COVID-19 IDAI: 11,3 Pasien Corona di Indonesia adalah Anak-anak. Diakses pada tanggal 17 Maret 2021 dari https://health.detik.com/beritadetikhealth/d-5263529/satgas-covid-19-idai-113-pasien-corona-di-indonesia-adalah-anakanak

Hutapea, Binsar. (2020). Persiapan Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid 19. Diakses pada 17 Maret 2021 dari https://www.tabloidbintang.com/gayahidup/read/152735/persiapan-sekolah-tatap-muka-di-tengah-pandemi-covid-19

Wardhani, Christi Mahatma. (2020). Dinkes Sleman Minta Sekolah Taat Protokol Kesehatan. Diakses pada 17 Maret 2021 dari https://jogja.tribunnews.com/2020/11/26/muncul-klasterpendidikan-dinkes-sleman-minta-sekolah-taat-protokol-kesehatan?page=2.

Afrianti, N., & Rahmiati, C. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 113-124.

Im Kampe, E. O., Lehfeld, A. S., Buda, S., Buchholz, U., & Haas, W. (2020). Surveillance of COVID-19 school outbreaks, Germany, March to August 2020. Eurosurveillance, 25(38), 2001645.

Murray, N.D., Low, B.J., Hollis, C., Cross, A. Davis, S. (2007). Coordinated school health programs and academic achievement: a systematic review of the literature. Journal of School Health, 77 (9), 589-599.

https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/3/040211

Pan Canadian Joint Consortium for School Health (2008). Comprehensive School Health Framework. Diakses pada tanggal 17 Maret 2021 dari http://www.jcsh-cces.ca/aboutus/comprehensive-school-health-framework/

https://bnpb.go.id/ppid/file/UU_24_2007.pdf

LIPI – UNESCO/ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardyanti, S. A. (2021). Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Tenaga Pendidik terhadap Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Yunus, M., & Zakaria, S. (2021). Sumber Informasi Berhubungan dengan Pengetahuan Masyarakat tentang Covid-19. Jurnal Keperawatan, 13(2), 337-342.

Alfiani, M. (2021). KOMPARASI PENGELOLAAN DANA BOS SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID 19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1927-1941.

Maulidina, T. I., Purnomo, A. B., & Rahmah, N. (2020). OPTIMALISASI BUKAAN JENDELA KANTOR ASEAN SECRETARIAT DALAM UPAYA MEMINIMALISIR PENYEBARAN COVID-19. METRIK SERIAL TEKNOLOGI DAN SAINS (E) ISSN: 2774-2989, 1(1), 1-7.

Mulyadi, M. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19. Info Singkat, 12(8), 13-18.

Ariani, A., Setiani, O., & Joko, T. (2015). EFEKTIVITAS DOSIS DESINFEKTAN FENOL TERHADAP ANGKA KUMAN PADA LANTAI RUANG RAWAT INAP RSUD TUGUREJO KOTA SEMARANG. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 3(1), 492-500.

Athena, A., Laelasari, E., & Puspita, T. (2020). Pelaksanaan disinfeksi dalam pencegahan penularan covid-19 dan potensi risiko terhadap kesehatan di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 1-20.

https://disdik.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2021/10/Edaran-Pembelajaran-PadaMasa-Level-3-Corona_OCR.pdf

ILMAR, D. A., & SH, M. (2020). MEMAHAMI KEBIJAKAN PEMERINTAH: Dalam Menangani COVID-19. Phinatama Media

Hasanah, Y., Dai, R. M., & Sari, D. S. (2020). Implementasi Kebijakan Fungsi Puskesmas Selama Pandemi COVID 19 di Puskesmas Margahayu Selatan Kabupaten Bandung. Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 3(4), 223-239.

Rebu, R. E. D., Asmarani, F. L., & Muflih, M. (2021). Relationship Of Information Exposure And Covid-19 Prevention Towards Stress Levels. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 7(3).


Abstract View: 89, PDF Download: 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.