PENYULUHAN TENTANG PEMBERIAN EDUKASI GIZI BAGI LANSIA

Siti Wahyuningsih, Fera Nofiartika, Ari Tri Astuti, Mutia Fadhilah

Abstract


Latar belakang: Peningkatan jumlah lansia perlu diperhatikan terutama berkaitan dengan masalah kesehatan. Pada lansia terjadi beberapa perubahan, keluhan dan adanya masalah kesehatan yaitu timbulnya penyakit tidak menular (PTM). Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas hidup lansia adalah pemberian edukasi gizi. Kader posbindu mempunyai peran penting dalam pemberian edukasi gizi.bagi lansia dalam kegiatan posbindu. Tujuan Kegiatan: Untuk meningkatkan pengetahuan kader posbindu di bidang gizi tentang cara pemberian edukasi gizi bagi lansia. Metode Pelaksanaan : Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah kader posbindu Ngudi Husada sebanyak 10 orang. Kegiatan PKM berupa penyuluhan tentang cara pemberian edukasi gizi bagi lansia. Kegiatan PKM dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 16 November 2021 di Posbindu Ngudi Husada. Sebelum dan setelah penyuluhan dilakukan pre test dan post test. Hasil: Hasil pre test menunjukkan kader yang mempunyai pengetahuan tentang cara pemberian edukasi gizi bagi lansia termasuk kategori kurang sebanyak 100%. Hasil post test menunjukkan kader yang mempunyai pengetahuan tentang cara pemberian edukasi gizi bagi lansia termasuk kategori baik sebanyak 60% dan cukup 40%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan pengetahuan kader Posbindu Ngudi Husada tentang cara pemberian edukasi gizi bagi lansia. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan kader posbindu di bidang gizi tentang cara pemberian edukasi gizi.

Keywords


Penyuluhan, kader; posbindu; edukasi; gizi; lansia

Full Text:

PDF

References


www. Depkes. go.id. 2019. Populasi Lansia Diperkirakan Terus Meningkat Hingga Tahun 2020. Diakses 13 Maret 2021.

Demartoto A. Pelayanan Sosial Non Panti Bagi Lansia (Suatu Kajian Sosiologis). Surakarta: UNS Press. 2007.

Kemenkes RI. 2019. Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Bagi Kader. Jakarta: Kemenkes RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Anggreini, D. 2018. Cara Menjaga Asupan Gizi Yang Baik dan Kesehatan Pada Lansia di Posyandu Jepun Kabupaten Tulungagung. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(2), pp. 93–100.


Abstract View: 717, PDF Download: 217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.