ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN ADAPTASI PERUBAHAN PSIKOLOGI PADA IBU HAMIL

Listia Dwi Febriati, Zahrah Zakiyah, Rahmatia Putri Audina

Abstract


Latar Belakang: Perubahan fisiologis pada sistem hormonal yang terjadi pada kehamilan akan memicu mood swing, yaitu kondisi emosi yang cenderung berubah-ubah. Selain itu, masalah psikologis yang sering menyerang ibu hamil adalah kecemasan. Hasil audit maternal perinatal Departemen Kesehatan RI tahun 2008 menunjukkan sebanyak 28,7% dari keseluruhan ibu hamil mengalami. Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa kehamilan membuat seorang wanita harus mampu beradaptasi. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu hamil dilihat dari umur, pendidikan dengan adaptasi perubahan psikologi selama kehamilan di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan Kuantitatif merupakan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism untuk meneliti populasi atau sampel tertentu dan pengambilan sampel secara random dengan data menggunakan instrument, analisis data bersifat statistik. Metode penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Hasil: hasil analisis Umur dengan adaptasi psikologi pada ibu hamil menggunakan chi square dengan nilai sig 0.011 yang artinya < 0,05 maka disimpulkan terdapat hubungan antara umur dengan adaptasi psikologi pada ibu hamil. Sedangkan pendidikan menunjukkan hasil sig 0,639 yang artinya > 0.05 sehingga disimpulkan tidak terdapat hubungan antara pendidikan dengan adaptasi psikologi pada ibu hamil. Kesimpulan: terdapat hubungan antara umur dengan adaptasi psikologi pada ibu hamil. Sedangkan pendidikan disimpulkan tidak terdapat hubungan antara pendidikan dengan adaptasi psikologi pada ibu hamil.

Keywords


Karakteristi; Psikologi; Ibu Hamil

Full Text:

PDF

References


Walyani, E.S. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press, 2015.

RI, Kemenkes. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI, 2016.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan Pada Ibu Primigravida Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang . Handayani, R. 1, s.l. : Ners Jurnal Keperawatan, 2012, Vol. II.

Kecemasan dalam Menjelang Persalinan Ditinjau dari Paritas, Usis dan Tingkat Pendidikan. Heriani. 2, Yogyakarta : Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah, 2016, Vol. I. 1-7.

Pilitteri, A. Maternal and Child Health Nursing: care of the childbearing and childbearing family, 6th Edition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins, 2010.

Manuaba. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB. Jakarta : EGC, 2010.

Translation and Adaptation of the Spirituality and Spiritual Care Rating Scale in Portuguese Palliative Care Nurses. Martins, A R, et al. 2015, Revista de Enfermagem Referencia, Vol. IV, hal. 89-97.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC, 2004.

Candra, I W, Harini, I G A dan Sumirta, I N. Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa (1st ed). Yogyakarta : ANDI, 2017.

Widaryanti, R dan Febriati, L D. Buku Ajar Psikologi dalam Kehamilan Persalinan dan Nifas. Yogyakarta : Respati Press, 2020.

Korelasi Perubahan Psikologis Ibu Hamil Dengan Tingkat Kepuasan Seksual Suami. Rustikayanti, R N, Kartika, Ira dan Herawati, Yanti. 2016, Midwife Journal, hal. 62-71.

Sugiyono, P. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, N S. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.

Wiknjosastro, H. Imu Kebidanan. Jakrta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo, 2010.

Adaptasi Psikologi Ibu Hamil dalam Pencapaian Peran sebagai Ibu Di Puskesmas Kembaran II Kabupaten Banyumas. Pangesti, Wilis Dwi. 2018, Viva Media, hal. 13-21.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta, 2007.

Kartono, K. Psikologi Mengenal Wanita Sebagai Ibu dan Nenek Jilid 2. Bandung : CV. Mandar Maju, 2007.

Maternal Prenatal Anxiety and Stress Predict Infant Ilnesses and Health Complaints. Beijers R., Jansen, J., Walraven. M.R., & Weerth, C. 2, s.l. : Journal of the American Academiy of Pediatrics, 2010, Vol. 126.

Martini, F, H., Nath, J, L., & Bartholomew, E. F. Fundamentals of Anatomy & Physiology. 9th edition. US : Benjamin Cummings, 2012.

Candra, I. W., Harini, I.G. A., & Sumirta, I. N. Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : ANDI, 2017.


Abstract View: 1149, PDF Download: 1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.