PENGUKURAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI LITERASI DASAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI ABAD 21

Astri Srigustini, Iis Aisyah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kemampuan tingkat literasi keuangan siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas XI yang tersebar di wilayah Kota Tasikmalaya yang dipilih secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan Kuantitatif, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Survey dilakukan dengan menyebar instrument yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya yaitu sebanyak 18 pertanyaaan. Berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa siswa SMA di Kota Tasikmalaya memiliki tingkat literasi keuangan yang berada pada kategori sedang, dengan tingkat pengetahuan keuangan yang rendah, sedangkan untuk aspek sikap dan perilaku berada pada kategori tinggi. Literasi keuangan ini merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai output pembelajaran ekonomi, Oleh karena itu diperlukan peranan guru di sekolah untuk mendesain pembelajaran abad 21 yang bertumpu pada 4 pilar pendidikan, baik dalam penggunaan model pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keuangan, serta penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi.

Keywords


literasi keuangan; keterampilan abad 21; pembelajaran ekonomi

Full Text:

PDF

References


Bhushan, P., & Medury, Y. (2013). Financial literacy and its determinants. International Journal of Engineering, Business and Enterprise Applications (IJEBEA), 4(2), 155–160.

Delors, J., Al Mufti, I., Amagi, I., Carneiro, R., Chiung, F., Geremek, B., Gorham, W., Kornhauser, A., Manley, M., Padrón Quero, M., Savané, M-A., Singh, K., Stavenhagen, R., Won Suhr, M. and Nanzhao, Z. 1996. Learning: The Treasure Within: Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-First Century. Paris, UNESCO.

Gerakan Literasi Nasional. (2007). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Pendukung Literasi Finansial.

Irin W. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya. ASET. Volume 1, Nomor 1, 89-99.

Krishna, A., Rofaida, R., & Sari, M. (2010). Analisis tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Proceedings of the 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia.

Lusardi. (2013). Financial Literacy Around The World (Flat World), Insights: Financial Capability, The George Washington University School Of Business And Director, Global Center For Financial Literacy

M. Azmi Abdullah, et al. (2017). Factors determining Islamic financial literacy among undergraduates. Journal of Emerging Economies & Islamic Research 5(2) 2017, 67 – 76.

Margaretha & Pambudhi (2015).Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK, VOL. 17, NO. 1, MARET 2015, 76–85

Nababan, D., dan Sadalia, I. (2012). Analisis Personal Financial Literacy dan Finansial Behavior Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, 1–16.

OECD. (2012), Measuring Financial Literacy: Questionnaire and Guidance Notes for Conducting an Internationally Comparable Survey of Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Vitt, L. A., Andersen, C., Kent, J., Lyter, D. M., Siegenthaler, J. K., & Ward, J. (2000). Personal finance and the rush to competence: Financial literacy education in the U.S. Virginia: Institute for Socio-Financial Studies.


Abstract View: 218, PDF Download: 702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.