STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN AGROWISATA BUKIT TANGGULANGSI KULON PROGO

Novi Irawati, Evrita Lusiana Utari

Abstract


Bukit Tanggulangsi merupakan salah satu daya tarik wisata baru yang sedang dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo DIY. Di kawasan ini ditawarkan dua daya tarik utama yaitu panorama alam perbukitan dan agrowisata. Namun dalam pengembangannya pengelola masih terfokus di pengembangan produknya saja sehingga pencapaian dalam kunjungan wisatawannya masih belum maksimal. Konsep pemasaran yang belum ada berakibat pada belum adanya perluasan promosi kawasan ini. Dengan melakukan pendekatan teori pemasaran Kotler, penulis melakukan analisa segmentasi pasar, targeting, positioning dan bauran pemasaran. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis fishbone diagram yang akan didapatkan sebuah analisa penyebab dari sebuah masalah atau kondisi. Fungsi dasar diagram Fishbone (Tulang Ikan)/ Cause and Effect (Sebab dan Akibat)/ Ishikawa adalah untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi penyebab-penyebab yang mungkin timbul dari suatu efek spesifik dan kemudian memisahkan akar penyebabnya. Fishbone Diagram sendiri banyak digunakan untuk membantu mengidentifikasi akar penyebab dari suatu masalah dan membantu menemukan ide-ide untuk solusi suatu masalah. Alhasil dari analisa tersebut dapat dijadikan arahan strategi sebagai dasar penguatan konsep pemasaran di kawasan wisata bukit Tanggulangsi.

Keywords


pariwisata; produk wisata; sustainable tourism

Full Text:

PDF

References


Burkart AJ, Medlik S.1986. Tourism: Past, Present, and Future. London.

Kotler P, Keller KL.2012. Marketing Management Edisi 14 Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Ltd.

Yoeti OA.1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

EL Utari, L Listyalina, N Irawati. Aplikasi Teknologi Tepat Guna Melalui Pemanfaatan Energi Terbarukan untuk Penerangan dan Pengembangan Wisata Watu Tekek. Journal.unpad.ac.id, Dharmakarya,2019.

N Irawati, SE Priyanto, YP Kristiutami. 2019. Analisis Destination Branding Kawasan Wisata Tamansari melalui Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Media Wisata , Volume 17, Nomor 2, November 2019. Yogyakarta.

N Irawati, EL Utari, L Lisyalina. Peningkatan Eksistensi Destinasi Wisata Watu Tekek melalui Pengembangan Produk Wisata Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional, 2019.

http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/06/produk-pariwisatatourismproduct.html

https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/27853e1951c3f72a0e6e8a0be2a9 ed30.pdf

https://duniapemasaranglobal.blogspot.com/p/teori-teoripemasaran.html#:~:text=Strategi%20pemasaran%20modern%20STP%20%28Segmenting%2C%20Targeting%2C%20Positioning%29%20yaitu, seperti%20yang%20dijelaskan%20%28Kotler%2C%201995%20%3A%20315%29.%201%29. Tanggal akses 15 September jam: 10:00

http://eprints.umm.ac.id/45404/3/BAB%20II.pdf Tanggal akses 15 September jam:10:20

https://kakikukaki.com/2020/04/24/explore-tempat-wisata-bukit-tanggulangsikulon-progo/ Tanggal akses 15 September jam: 10:45

https://sis.binus.ac.id/2017/05/15/fishbone-diagram/# Tanggal akses 15 September jam: 11:00


Abstract View: 426, PDF Download: 396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.