SISTEM DETEKSI TEPI JANIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOBEL

Evrita Lusiana Utari, Rr . Dewi Ngaisyah, Herison Surbekti

Abstract


Deteksi tepi digunakan untuk mendeteksi perubahan citra pada janin sehingga terbentuk tepitepi suatu obyek citra yang dimanfaatkan untuk mendeteksi citra janin. Metode citra yang menggunakan metode Sobel. Metode deteksi tepi ini digunakan untuk mendapatkan perbedaan intensitas sehingga akan terlihat tepian dari citra janin tersebut. Pada hasi USG kita sering melihat janin dengan berbagai bentuk, ukuran anatomis gerakan serta hubungan dengan jaringan. Seiring dengan kemajuan informasi dan teknologi, maka memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu manusia untuk mengenali bentuk-bentuk janin Pengolahan citra digital adalah bidang yang berkembang dari teknologi digital dengan aplikasi deteksi janin dalam sains dan teknik. Salah satu bentuk janin yang terkait dengan pengolahan citra adalah deteksi dan pengenalan pola. Sistem identifikasi janin dimulai dengan akuisisi data citra, pengolahan citra, deteksi tepi citra, dengan menggunakan metode Sobel. Tujuannya dari penelitian agar dapat memberikan informasi dari sistem deteksi tepi dengan metode sobel. Dan dari hasil deteksi Sobel tampak lebih jelas dibandingan dengan metode penelitian dengan metode prewitt dan canny sebelumnya.

Keywords


citra, USG, Sobel

Full Text:

PDF

References


Ahmad, U.,(2005). Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemrogramannya, Graha Ilmu, Yogyakarta

Agustinus Nalwan. (1997) Pengolahan Gambar Secara Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Hal: 209

Chitade. Anil. Colour Based Image Segmentation Using K-Means Clustering. International Journal of Enggineering Science of Technology. USA.

Divisi Kedokteran Fetomaternal Departemen OBGIN RSHS/FK Universitas Padjajaran. (2011). Ultrasonografi Obsetri dan Ginekologi. Jakarta.

EL. Utari. (2015), Analisa Deteksi Tepi Janin Dengan Menggunakan Metode Prewitt Dan Canny, Simposim RAPI ke 14, Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Gonzalez, R. C., Woods, R.E., ( 2002). Digital Image Processing second edition, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Lusiana, Veronica. (2013). Analisa Deteksi Tepi untuk mengidentifikasi Pola Daun, Jurnal Teknologi Informasi Vol. 18 No 2. Universitas Diponegoro, Semarang.

Munir, R. (2004). Pengolahan Citra Digital dengan pendekatan Algoritmik, Informatika Bandung.

Prasetyo, E. (2011). Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya menggunakan Matlab, Penerbit Andi Yogyakarta.

Purnomo, Hari Mauridhi. (2010) Konsep Pengolahan Citra Digital dan Ekstraksi Fitur, Graha Ilmu Yogyakarta.

Syari, Milea dkk. (2015). Peran Asupan Zat Gizi Makronutrien Ibu Hamil Terhadap Berat Badan Lahir Bayi, Jurnal Kesehatan Andalas, Universitas Andalas, Padang.


Abstract View: 338, PDF Download: 313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.