KEARIFAN LOKAL KOMUNITAS DI MASYARAKAT KAMPUNG KOTA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: KAMPUNG PONGGALAN YOGYAKARTA)

Nur Arning Tengara Kasih, Lin Yola

Abstract


Kampung kota sebagai bentuk permukiman yang diproduksi secara sosial dan swadaya merupakan sesuatu yang khas pada kota-kota di Indonesia. Kampung kota memiliki kelebihan budaya tolong menolong dan gotong royong masih melekat dan terjadi. Pada masa pandemi COVID-19, inisiatif dan keswadayaan yang melekat pada kampung kota mendorong masyarakat untuk produktif menghadapi Covid-19 berbasis kekuatan komunitas. Penelitian ini bertujuan mengkaji kearifan lokal komunitas di masyarakat Kampung Ponggalan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dengan key informan, dan internet. Komunitas yang terbentuk di Kampung Ponggalan merupakan kelompok sosial sebagai tempat hidup bersama dari orang-orang yang saling membantu tanpa pamrih. Dengan rasa kebersamaan yang kuat antar anggota kampung dan kearifan lokal yang dimiliki, masyarakat Kampung Ponggalan mampu bergotong-royong menghadapi COVID-19. Inisiatif dan keswadayaan yang dilakukan dalam menghadapi COVID-19 diantara lain dari segi kesehatan dengan penyemprotan disenfektan mandiri serta melakukan program keranisasi. Dari segi ekonomi sosial dengan budidaya buah, sayur, dan ikan. Dari segi pendidikan menyediakan perpustakaan yang mengoleksi buku paud hingga SMA. Dari segi informasi kebencanaan, Kampung Ponggalan memiliki Posko Tangguh Nusantara, serta memiliki panel dengan data yang lengkap.

Keywords


Kampung Ponggalan, COVID-19, komunitas, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Hardianto, Jonathan. 2020. Korelasi Kepadatan Penduduk dan Penyebaran Covid-19. [Online] Tersedia di https://rujak.org/korelasi-kepadatan-penduduk-dan-penyebaran-covid19/ [diakses pada tanggal 08 Desember 2020].

Yusutria, dkk. 2018. Local Wisdom Values in Faceng Natural Disasters On Module of Geographic Planning Subject Based on Faith, International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT) ISSN: 2509-0119.

Habibullah. 2013. Kebijakan Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas: Kampung Siaga Bencana Dan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. Majalah Informasi, Vol. 18, No. 02, hal. 133 – 149.

Sullivan, J. 1986. Kampung and State: The Role of Government in the Development of Urban Community in Yogyakarta. Journal of Habitat Engineering, Vol. 41: 63â€88.

Kristiani dan Yuliastuti. 2013. Kajian Bentuk Lingkungan Permukiman berdasarkan Sense of Community di Kelurahan Dadapsari Semarang. Jurnal Teknik PWK, Vol. 2 No. 3 2013 Hal. 578-586

Wellman, Barry. 1999. The Network Community: An Introduction. In Networks in the Global Village: Life in Contemporary Communities. Westview Press

Fajarini,Ulfah. 2014. Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika; Vol.1, No.2.

Neumann, W. L. 2006. Social Research Methods. Qualitative and Quantitative Approach Sixth Edition. Boston: Pearson.

Denzin, N.K., dan Lincoln Yvonna S. (Eds.). 1994) Handbook of Qualitatives Research. Thousand Oak. London: SAGE Publications.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. 2020. Data Terkait Covid-19 di D.I Yogyakarta. [Online] Tersedia di https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik [diakses pada tanggal 08 Desember 2020].


Abstract View: 534, PDF Download: 390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.