PENGGUNAAN NEW MEDIA INSTAGRAM OLEH BATIK GIRLI LUMAJANG DALAM MEMASARKAN PRODUK KAIN BATIK TULIS TAHUN 2020

Bambang Srigati, Yanus Purwansyah Sriyanto, Desi Nur Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana Batik Girli Lumajang memanfaatkan media sosial Instagram dalam pemasaran produk. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan wawancara mendalam dengan key informan, yaitu pemilik usaha Batik Girli Lumajang. Hasil dan temuan menyatakan bahwa Batik Girli Lumajang jeli melihat potensi penjualan online di Instagram yang sangat bagus. Maka sejak tahun 2015 Batik Girli Lumajang menggunakan media tersebut untuk mengenalkan dan menjual produk. Instagram dipilih karena pemilik ingin mengenalkan dan memasarkan batik tulisnya ke jangkauan pasar dan calon konsumen yang lebih luas. Selain itu potensi untuk menggaet konsumen anak muda menjadi sangat besar. Akun @girlibatik saat ini telah melakukan 79 postingan serta memiliki 221 followers dan 81 following. Sebanyak 79 postingan terbagi menjadi 3, yaitu foto produk kain batik dalam desain katalog, foto kain batik pada mannequin, dan foto beberapa tokoh masyarakat seperti Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang mengenakan kemeja kain batik produk Batik Girli Lumajang. Selama 5 tahun (2015-2020) penjualan secara online melalui Instagram memang belum terlalu signifikan, namun dengan adanya digital marketing yang sudah dijalankan, pemilik merasa puas karena brand Batik Girli Lumajang dapat dikenal tanpa batas.

Keywords


pemasaran, Instagram, digital marketing

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. 1986. (a). Dinamika Komunikasi. Bandung: Penerbit Remadja Karya CV.

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara Yogyakarta.

Littlejohn, Stephen.W & Foss, Karen.A. 2009. Teori Komunikasi Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika. H.185.

Lengkey, Lenny Meyrin Evelyn, dkk. 2014. Peranan Komunokasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Pengguna Iklan di Harian Komentar Manado. Journal “Acta Duniaâ€. Vol.III. No.3.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasran. Jakarta: Erlangga. h.33.


Abstract View: 243, PDF Download: 184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.