SERAT PANGAN NASI JAGUNG INSTAN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG TEMPE SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI MAKANAN POKOK BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS

Inayah Inayah, Metty Metty, Yoca Aprilia

Abstract


Serat merupakan zat gizi yang harus diperhatikan dalam pengaturan makan penderita diabetes mellitus. Serat akan membantu mengontrol kadar gula darah dan memenuhi kebutuhan zat gizi. Serat akan memperbaiki sensitivitas insulin, menurunkan penyerapan glukosa dan dapat mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat menurunkan resiko komplikasi pada penderita diabetes mellitus. Nasi Jagung instan dengan penambahan tepung tempe merupakan alternatif sumber makanan pokok yang memiliki serat yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar serat pangan yang terkandung pada nasi jangung instan dengan penambahan tepung tempe. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Serat pangan diuji dengan menggunakan metode enzimatis dengan pengulangan dua kali dan dilakukan di Laboratorium Chemix Pratama, Yogyakarta. Serat pangan pada nasi jagung instan dengan penambahan tepung tempe adalah 2,4 g/100 g. Nasi jagung instan dengan penambahan tepung tempe dapat digunakan sebagai alternatif makanan pokok bagi penderita diabetes mellitus.

Keywords


serat pangan; nasi jagung instan; diabetes mellitus

Full Text:

PDF

References


Mahan, K.L., Escott-Stump. (2008). Krause’s Food and Nutrition Therapy. Canada : Elsevier: Edition 12.

Chandalia, M., Garg, A., Lutjohann, D., Von B.K., Grundy S.M., Brinkley L.J. (2000). Beneficial Effects of High Dietary Fiber Intake in Patients with Type 2 Diabetes Mellitus. N Engl Journal Med; 342: 1392-1398.

Perkeni. (2015). Konsensus Pengolahan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2015. PB Perkeni

Suarni dan. Widowati S. 2007. Jagung: Teknik Produksi dan Pengembangan. Struktur, Komposisi, dan Nutrisi Jagung. Balai Penelitian Tanaman Serealia, Maros. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor.

Sugiyono, Soewarno T S, Purwiyatno H, Agus S. 2004. Kajian Optimasi Teknlogi Pengolahan Beras Jagung Instan. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol.XV.No.2 Th. 2004.

Hikmah, Ihda Nurul, Sri Handajani, Edhi Nurhartadi. 2011. Kajian Karakteristik Kimia dan Sensori Tempe Kedelai (Glycine max) dengan Variasi Penambahan Berbagai Jenis Bahan Pengisi (Kulit Ari Kedelai, Millet IPenniseium spp), dan Sorgum (Sorghum bicolor). Jurnal Teknologi Pangan Hasil Pertanian Vol IV No.2.

Lailiyati N Shinta, Rahmawanti Dian , MAM Andriani. 2014. Formulasi Dan Kajian Karakteristik Nasi Jagung (Zea Mays L) Instan Dengan Penambahan Tepung Tempe Jurnal Teknosains Pangan Vol 3 No 1 Januari 2014.

Rimbawan, Siagian, R. 2004. Indeks Glikemik Pangan. Jakarta: Penebar Swadaya

Sunarti. (2017). Serat Pangan dalam Penanganan Sindrom Metabolik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Immawati, F.R., Wirawanni, Y. 2014. Hubungan Konsumsi Karbohidrat, Konsumsi Total Energi, Konsumsi Serat, Beban Glikemik dan Latihan Jasmani dengan Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. JNH; 2

Deddy. 2010. Kedelai komponen untuk kesehatan. Bandung: Cv. Alfa Beta

Hernawan Edi, Meylani vita 2016. Analisis Karakteristik Fisikokimia Beras Putih, Beras Merah, Dan Beras Hitam (Oryza Sativa L., Oryza Nivara Dan Oryza Sativa L. Indica). Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada Volume 15 Nomor 1 Februari 2016


Abstract View: 792, PDF Download: 701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.