GAMBARAN PENYULUHAN TENTANG PENANGANAN KETIDAKNYAMANAN SELAMA KEHAMILAN DENGAN PENDEKATAN KOMPLEMENTER PADA SUAMI IBU HAMIL

Almira Gitta Novika, Dewi Setyaningsih, Henny Safety

Abstract


Berdasarkan data di Puskesmas Piyungan diketahui pada bulan Agustus 2019 dari 582 ibu hamil sebanyak 21,13% adalah ibu hamil dengan risiko tinggi. Ibu hamil sangat memerlukan dukungan keluarga terutama suami untuk dapat menjalani masa kehamilan, persalinan dan nifas dengan aman. Selama kehamilan terkadang ibu hamil mengalami masalah-masalah maupun ketidaknyamanan yang berkaitan dengan kehamilannya. Selama ini pendekatan yang digunakan masih banyak dilakukan dengan pendekatan konvensional. Terapi komplementer merupakan salah satu tindakan intervensi yang dapat diberikan dan sudah semakin menarik perhatian masyarakat. Jenis terapi komplementer yang dapat digunakan oleh wanita hamil antara lain massage, aromatherapy dan pemanfaatan herbal. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan suami tentang ketidaknyamanan selama kehamilan serta penanganannya dengan pendekatan komplementer. Pengabdian dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2020 dengan peserta 14 suami ibu hamil. Pengabdian ini diberikan dalam bentuk penyuluhan tentang penanganan ketidaknyamanan selama kehamilan dengan pendekatan komplementer. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu diberikan pretest dan posttest terkait materi penyuluhan kepada suami ibu hamil. Terdapat peningkatan pengetahuan suami ibu hamil mengenai ketidaknyamanan serta penanganannya selama kehamilan.

Kata kunci: penyuluhan; ketidaknyamanan; kehamilan; komplementer


Keywords


penyuluhan; ketidaknyamanan; kehamilan; komplementer

Full Text:

PDF

References


May, C. & Fletcher, R. 2013. Preparing fathers for the transition to parenthood: Recommendations for the content of antenatal education. Midwifery, 29, 474-478.

Chan, E. 2008. Quality of efficacy research in complementary and alternative medicine. Jama, 299, 2685-2686.

Bantul, D. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Bantul 2018.

Widaryanti, R dan Rizka, H. 2019. Terapi Komplementer Pelayanan Kebidanan Berdasarkan Bukti Scientific dan Empiris. Yogyakarta. Deepublish.

Tyastuti, S. 2016. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakata. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sulistyawati, A. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.

BKKBN. 2014. Reproduksi Sehat Sejahtera Remaja. Jakarta: Menteri Negara BKKBN.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Ulfa, M. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Penatalaksanaan Nyeri Pinggang. Juke, 154-159.

Nwankwo, Clementina U; Okafor, Jerome O; Makachi, Monica C; Anieche, John E; Chiejina, Edith N and Egboka, Oluchukwu L.2016. Effect Of Maternal Health Education On The Health Knowledge Of Pregnant Mothers Attending Ante-Natal Clinics In Anambra State, Nigeria. Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS).


Abstract View: 1416, PDF Download: 1478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.