Upaya Indonesia dalam Meningkatkan Destinasi Super Prioritas (DSP) Industri Pariwisata di Tingkat Global melalui Soft Diplomacy

Penulis

  • Harits Dwi Wiratma, Eka Riski Yanti ,Diansari Solihah Amini, Bagus Subekti Nuswantoro 1, 2, 3, 4 Prodi Hubungan Internasional

Kata Kunci:

Indonesia, Soft Diplomacy, Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Pembangunan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya Indonesia dalam meningkatkan Destinasi
Pariwisata Super Prioritas industri pariwisata di tingkat global melalui soft-diplomacy. Hal ini
merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pariwisata
pasca pandemi COVID-19. Dimana Pemerintah Indonesia dengan Kemenparekraf menetapkan
Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan lima wilayah di Indonesia yaitu Borobudur,
Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo sebagai kekuatan pariwisata Indonesia.
Solusi ini akan menjadi penopang pemasukan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ramadhian N. Menparekraf Sandiaga Sebut Devisa Sektor Pariwisata Menurun [Internet].kompas.com. 2021 [cited 2023 Feb 28]. Available from:https://travel.kompas.com/read/2021/08/19/153200127/menparekraf-sandiaga-sebut-devisa-sektor-pariwisata-menurun?page=all::text=Berdasarkan data tersebut2C devisa sektor,mengalami penurunan sebesar 81 persen.

Kemenparekraf. Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2021 [Internet]. Jakarta;2021. Available from: https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2021

Lexy J. Moleong. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2014.

Garcia PJ& MSR. Does Tourism Growth Influence Economic Development. J Travel Res[Internet]. 2015; Available from: https://www.researchgate.net/publication/274529354

Charles R.Goeldner dan J.R.Brent. Tourism:Principles,Practices,Philosophies. Eleventh.John Wiley & Sons; 2009.

UNWTO. Tourism for Development. 2018.

Nugroho R. Kebijakan Pariwisata Sebuah Pengantar Untuk Negara Berkembang.Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2018.

Suryadana ML. Sosiologi Pariwisata. 1st ed. Priadana S, editor. Bandung; 2013.Solleh FM. Strategi Gastrodiplomasi Thailand dalam Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Studi Kasus Gastrodiplomasi Thailand di Indonesia).J Media Inf Warf. 2015;7:161–99.

Damanik J. Pariwisata Indonesia Antara Peluang Dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Hennida. Diplomasi publik dalam politik luar negeri. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik.2010.

Sedarmaynti. Membangun Dan Mengembangkan Kebudayaan Dan Industri Pariwisata:Bunga Rampai Tulisan Pariwisata. Bandung: PT Refika Aditama; 2014.

Josepn Nye. Soft power the means to success in world politics. USA; 2004.

Poerwanto, Mandjusri A, Irfan E, Sukirno ZL. Tourism Creativity Communication and Transformation. 1st ed. Yogkarta: Pustaka Pelajar; 2021. 122 p.

Bungin B. Komunikasi Pariwisata Tourism Communication Pemasaran dan Brand Destinasi.2nd ed. JAKARTA: KENCANA; 2017. 141 p.

Elliot J. Tourism :Poitics and Public Sector Management. New York: Routledge; 1997.

Wardiyanta. Pengantar Ekonomi Pariwisata. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2020. 277p.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-16