Penerapan Terapi Okupasi Berkebun Dalam Menurunkan Tanda Dan Gejala Harga Diri Rendah

Doni Paturohman, Laily Mualifah, Yunita Aridesi

Abstract


Latar Belakang: harga diri rendah merupakan persepsi pada diri yang cenderung negatif yang biasanya menganggap bahwa dirinya tidak berharga atau tidak berguna, salah satu cara penatalaksanaan pada pasien harga diri rendah yaitu dengan menggunakan terapi okupasi berkebun. Tujuan: tujuan studi kasus ini adalah dengan menerapkan terapi okupasi berkebun dalam menurunkan tanda dan gejala harga diri rendah. Metode: metode karya tulis ilmiah ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan langsung pada pasien dengan harga diri rendah. Hasil: data diperoleh dengan cara wawancara dan observasi menggunakan format observasi harga diri rendah pasien mendapatkan skor 10 sebelum dilakukan terapi okupasi berkebun, yang dihitung dengan cara 1 tanda gejala bernilai 1 skor setelah dilakukan terapi okupasi berkebun menanam sawi selama 4 hari dilakukan sehari sekali dalam waktu 15 menit didapatkan hasil bahwa terdapat penurunan tanda dan gejala pada pertemuan pertama mendapat skor 10 dan pertemuan terakhir mendapat skor 2. Kesimpulan: dari hasil studi kasus ini dapat disimpulkan bahwa terapi okupasi berkebun dapat menurunkan tanda dan gejala harga diri rendah.


Keywords


Terapi Okupasi, Berkebun, Tanda dan Gejala, Harga Diri Rendah

Full Text:

PDF

References


Nur A, Ridiansyah A. Pengaruh Terapi Okupasi Pada Pasien Halusinasi Pendengaran: Evidence Based Nursing. 2022.

Wulan Agustina N, Handayani S, et al. Pengaruh Terapi Okupasi Membatik Terhadap Penurunan Halusinasi Pendengaran Pada Pasien Skizofrenia. In Jkj): Persatuan Perawat Nasional Indonesia. 2021;9.

Karuniawati. Studi Dokumentasi Pada Pasien Resiko Perilaku Kekerasan Dengan Skizofrenia. 2020.

Ridfah A, Lutfiana Wardiman S, et al. Penerapan Terapi Okupasi "Menanam" Pada Pasien Jiwa RSKD Dadi Provinsi Sulawesi Selatan. n.d.;1(1).

Krissanti A, Dwi Asti A, et al. Penerapan Terapi Okupasi: Berkebun untuk Meningkatkan Harga Diri pada Pasien Harga Diri Rendah di Wilayah Puskesmas Sruweng. 2019.

Mustofa MB, Fitri NL, et al. Penerapan Terapi Menggambar Pada Pasien Harga Diri Rendah Implementation Of Drawing Therapy On Patients Of Low Self-Esteem. Jurnal Cendekia Muda. 2022;2(2).

Rahmawati, L. Kreatifitas Survivor Skizofrenia dalam Upaya Kesembuhan Di Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018; 3(1). 13-21.


Abstract View: 110, PDF Download: 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.