Efektifitas Pijat Counterpressure Terhadap Pengurangan Nyeri Haid Efek Samping Kb Hormonal

Puspito Panggih Rahayu, S.ST.,M.Kes, Casnuri, S.ST.,M.Kes, Nur Hayani

Abstract


KB Hormonal merupakan metode kontrasepsi yang paling banyak digunakan. Namun, metode kontrasepsi hormonal ini memiliki beberapa efek samping yang berbeda. Hal ini yang menjadi faktor penyebab drop out KB. Salah satu efek samping yang sering dikeluhkan oleh pengguna KB adalah adanya nyeri saat haid. Untuk mengurangi keluhan nyeri saat menstruasi akibat efek samping yang ditimbulkan adalah dengan terapi komplementer pijat counterpresure. Penelitian bertujuan mengetahui efektifitas terapi komplementer pijat counterpresure terhadap nyeri saat haid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan one group pre-test and post-test design Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok pijat counterressure diperoleh p value 0,000. Terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Hasil uji T-test Paired didapatkan ada perbedaan dengan nilai p value 0,000. Kesimpulan, pijat counterpressure efektif menurunkan nyeri haid akibat efek samping Kb hormonal di Dusun Sidokerto Kalurahan Purwomartani Kapanewon Kalasan Sleman.

Keywords


Efektifitas Pijat Counterpresure; Nyeri Haid

Full Text:

PDF

References


Hartanto, Hanafi. 2010. Keluarga Berencana Dan Kontrasepsi. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Anggia, Riyanti Januani & Mahmudah.2013. Hubungan Jenis Dan Lama Pemakaian Kontrasepsi Hormonal Dengan Gangguan Menstruasi Di BPS (Bidan Praktek Swasta) Wolita M. J. Sawong Kota Surabaya. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Anurogo, D & Wulandari A. Cara Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: CV. Andi; 2011.

Henni & Dewita (2021) Massage Counter Pressure Mempengaruhi Intensitas Nyeri Haid Pada Remaja Putri. JKM (Journal Kebidamam Malahayati Vol. 7 No 2

Oktavianis, Sari LP. Efektifitas Counterpressure dan Relaksasi Genggam Jari terhadap Intensitas Nyeri Disminore Primer pada Remaja Putri. Matern Child Health Care J. 2020;2(2).

Simkin.,Walley.,dan Keppler. (2008). Panduan Kontrasepsi. Jogjakarta : Mitra Pustaka

Citra Dewi, Ayu Devita. 2018. Gambaran Efek Samping KB Suntik Depo Medroksi Progesteron Asetat Pada Akseptor Di Bidan Praktek Mandiri (BPM) Wilayah Kerja Kelurahan Sako Palembang Tahun 2017.Volume :2

Smith, C.A., Levett, K.M., Collins, C.T., Jones, L. (2012). Massage, Reflexology and Other Manual Methods For Pain Management In Labour. [Online]. Tersedia dalam http://www.thecochranelibrary.com.

Lockhart, A., & Saputra, L. (2015). Asuhan Kebidanan Masa Persalinan Fisiologis & Patologis.Tanggerang. Binarupa Aksara


Abstract View: 252, PDF Download: 237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.