Implementasi Global Reporting Initiative Pada Penyusunan Sustainability Reporting Perusahaan Pertambangan Indonesia

Khaula Lutfiati Rohmah, Aditya Ari Sudhana, Suryani

Abstract


Kebutuhan stakeholder akan informasi performa perusahaan terus mengalami perkembangan sejalan dengan perubahan dan kemajuan bisnis. Salah satu perkembangan yang terjadi adalah kewajiban perusahaan untuk mengungkapkan laporan tanggung jawab kinerja sosial dan lingkungan atau disebut sebagai sustainability reporting (SR). Perkembangan ini adalah implementasi dari Undang -Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang mewajibkan perusaaan go public untuk mengungkapkan laporan pertanggung jawaban tersebut. Hal ini  sejalan dengan penerapan salah satu prinsip dasar akuntansi yaitu Full Disclosure (pengungkapan penuh). Prinsip Full Disclosure merupakan acuan bagi perusahaan untuk menyajikan informasi keuangan dan informasi yang relevan terhadap performa keuangan secara lengkap dalam laporan dan pelaporan keuangan. Terdapat dua jenis pengungkapan yaitu pengungkapan wajib dan pengungkapan sukarela. Dengan menerapkan prinsip ini maka diharapkan informasi akuntansi mampu memberikan manfaat dan pengaruh terhadap stakeholder akuntansi dalam pengambilan keputusan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan indeks pengungkapan sustainability reporting pada perusahaan tambang. Pengungkapan penuh menggunakan indikator laporan keuangan wajib, laporan pertanggung jawaban social dan laporan pertanggungjawaban lingkungan. Indikator pengungkapan yang digunakan mengacu pada Global Reporting Index (GRI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah laporan keuangan perusahaan tambang yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2020.

Keywords


GRI; Sustainability Reporting; Akuntansi; Perusahaan Tambang

Full Text:

PDF

References


Otoritas Jasa Keuangan. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51 /POJK.03/2017 Tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emitten dan Perusahaan Publik. Otoritas Jasa Keuang. 2017;1–15.

Rohmah KL, Adiputra AK, Kurniawati W. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan The Effetcs Of Sustainability Report Disclosure Toward Copany Financial Performance. 2019;147–59.

Umah A. Sektor Tambang Babak Belur Dihantam Pandemi, Ini Buktinya. CNBC Indonesia [Internet]. 2020 Nov; Available from: https://www.cnbcindonesia.com/news/20201111080022-4-200907/sektor-tambang-babak-belur-dihantam-pandemi-ini-buktinya

Akuntan Indonesia I. Standar Akuntansi Keuangan [Internet]. Ikatan Akuntan Indonesia. 2022.Available from: http://iaiglobal.or.id/v03/standar-akuntansi-keuangan/pernyataan-sak-7-psak-1-penyajian-laporan-keuangan

Syarifudin S, Wiharno H, Septiani I. Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur LQ45 di Bursa Efek Indonesia. 2021;2(1):222–36.

Susanto A, Meiryani. Full disclosure in financial reporting. Int J Sci Technol Res [Internet].2019;8(6):340–5. Available from: www.ijstr.org

OJK. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan 2021.

Global Reporting Initiative. Mapping G4 to the GRI Standards. 2017;(1):1–6. Available from:https://www.globalreporting.org/standards/media/1098/mapping-g4-to-the-gri-standards-disclosures-full-overview.pdf

Apriwandi, Fahria AA. Implementation of GRI Standards in the Sustainability Reports of Plantation Sector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange ( IDX ). 2022;2(2):24–36.

Christine Y, Meiden C. Analisis Pengungkapan Sustainability Report Pt. Waskita Karya (Persero) Tbk Dan Ytl Corporation Berhad Tahun 2018 Berdasarkan Gri Standards. J Akunt.2021;10(1):1–7.

Sinambela LP, Sinambela S. Metode Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. Depok: Rajawali Pers; 2021. 19 p.

Nazir M. Metode Penelitian. Indonesia G, editor. Bogor; 2014.


Abstract View: 214, PDF Download: 266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.