Pembangunan Model Sistem Informasi Kinerja Perguruan Tinggi

Sugeng Winardi, Aji W. Soejono, Erizal, Dyan Avando M, Rahma P

Abstract


Sistem Informasi Kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas danfungsi yang dipercayakan kepada setiap pemangku jabatan dalam mencapai tujuan/sasaran strategis dan merupakan perwujudan kewajiban pemangku jabatan untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi sebuah Perguruan Tinggi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.Laporan Kinerja dimaksud merupakan hasil dari proses yang berupa rencana kinerja tahunan. Sedangkan pengukuran kinerja adalah proses sistematis dan berkesinambungan untuk menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program, kebijakan, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dalam mewujudkan visi, misi dan strategi Perguruan Tinggi. Proses ini dimaksudkan untuk menilai pencapaian setiap indikator kinerja guna memberikan gambaran tentang keberhasilan dan kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran. Selanjutnya dilakukan pula analisis akuntabilitas kinerja yang menggambarkan keterkaitan pencapaian kinerja kegiatan dengan program dan kebijakan dalam rangka mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi sebagaimana ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Perguruan Tinggi. Lokasi penelitian ini adalah di Universitas Respati Yogyakarta khususnya pada bidang Penjaminan Mutu.Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Model MVC(Model View Controller)sertaAgile Software Developmen.Sedangkan untuk perancangan sistem menggunakan pendekatan UML (Unified Modelling Language).Hasil penelitian yang diperoleh adalah beupa rancangan Model Sistem Informasi Kinerja Perguruan Tinggi dan Aplikasi yang berguna untuk mengelola dan menghasilkan penilaian Kinerja Perguruan Tinggi.

Keywords


Sistem Informasi; e-Kinerja; Manajemen Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agus Nurofik, Pengantar Teknologi Informasi, Cirebon: Penerbit Insania, 2021.

H. Tahir, "Penerapan e-Kinerja Dalam Menilai Kinerja ASN pada Kantor Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prov. Sulawesi Selatan," -, Makassar, 2021.

E. Wargadinata, "PENGUKURAN KINERJA DAN AKUNTABILITAS ORGANISASI PUBLIK," Majalah Ilmiah Unikom, vol. 13, no. 3, pp. 555-582, 2019.

B. A. Putra, "KAJIAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI SWASTA NASIONAL," e-Jurnal Manajemen Kinerja, pp. -, 2015.

Pastina Simanjuntak, Arwin Kasnadi, "Analisis Model View Controller (MVC) Pada Bahasa PHP," Jurnal ISD, 2016.

R. Setiawan, "Konsep Agile pada Software Development," 2 10 2021. [Online]. Available:https://www.dicoding.com/blog/konsep-agile-pada-software-development.

E. B. A. M. Ida Afriliana, "engukuran Kinerja Dosen Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)," Jurnal Informatika, pp. -, 2017.

Muhammad Muslihudin, Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Yogyakarta: Penerbit Andi,2009.

R. Juliarto, "Dicoding.com," 12 Mei 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/. [Accessed 10 November 2022].


Abstract View: 133, PDF Download: 56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.