PENERAPAN SOCIOPRENEURSHIP MELALUI PENYEDIAAN JASA WISATA BAGI PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus : Walking-Walking Tour Organizer Yogyakarta)

Diansari Solihah Amini, Tanti Nurgiyanti, Harits Dwi Wiratma, Ryan Tria Nugroho

Abstract


Tulisan ini akan membahas tentang penerapan kewirausahaan sosial (sociopreneurship) yang diterapkan dalam industri pariwisata oleh salah satu pelaku bisnis tour organizer di Yogyakarta. Pada prinsipnya, kewirausahaan sosial merupakan konsep pengembangan kewirausahaan yang melibatkan unsur sosial di dalam pelaksanaannya. Dengan demikian, kewirausahaan tidak hanya berkutat pada masalah keuntungan komersial semata, akan tetapi juga memiliki peranan untuk memberikan manfaat secara positif bagi masyarakat sekitar dan membantu memberikan solusi atas permasalahan sosial yang terjadi di dalamnya. Sociopreneurship dapat diterapkan pada bermacam jenis industri baik level atas maupun menengah kebawah, termasuk salah satunya industri pariwisata. Salah satu hal yang sulit dilakukan oleh penyandang disabilitas adalah berwisata dengan keterampilan fisik. Padahal, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan manusia yang lainnya, termasuk dalam hal berwisata. Melalui penyediaan fasilitas/jasa wisata yang ditawarkan oleh tour organizer khusus bagi penyandang disabilitas, mereka tetap dapat menikmati hak yang selama ini sulit untuk dilakukan. Dengan menggunakan konsep sociopreneurship, tulisan ini akan menjabarkan bahwa kewirausahaan sosial dapat diterapkan dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat sehingga tercipta keseimbangan antara kepentingan komersial dan kepentingan sosial yang menjadi unsur utama dalam penerapan sociopreneurship.

Keywords


sociopreneurship; tour organizer; jasa wisata; penyandang disabilitas

Full Text:

PDF

References


World Health Organization. 2017. “World Health Organization | Disabilities.†WHO. https://www.who.int/topics/disabilities/en/

Tan, W. & Hasibuan, A. 2019. Pemenuhan Hak Kebudayaan dan Kepariwisataan Wisatawan Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Batam. Journal Of Judicial Review. Vol XXI No 2.

Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

https://walkingwalking.com/about.php

Suyatna, H. & Nurhasanah, Y. 2017. Sociopreneurship sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi Pemuda. Vol VI No 1.

Krasner, Stephen D. 1982. Structural Cuses And Regime Consequences: Regimes As Intervening Variables Dalam International Organization, Vol. 36, No. 2.

Winarno, Budi. 2011. Isu-Isu Global Kontemporer. Yogyakarta: CAPS.

UNDP. 2013. Development Report. http://hdr.undp.org/sites/default/files/reports/14/hdr2013_en_complete.pdf

Kusumasari, Suyatna, dkk, 2015. Memahami Model Bisnis Organisasi Sosial (Social Entrepreneurship) di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Interview denga Ibu Meyra Marianti, S.E, M.A sebagai pendiri dan pemilik Walking-walking Tour Organizer


Abstract View: 152, PDF Download: 112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.