HUBUNGAN PARITAS DENGAN ANEMIA IBU HAMIL DI KLINIK PRATAMA ASIH WALUYO JATI BANTUL YOGYAKARTA

Dheska Arthyka Palifiana, Devillya Puspita Dewi, Sitti Khadijah, Marwah Erwanda

Abstract


Prevalensi ibu hamil anemia di Indonesia masih tinggi yaitu 48,9% dan umumnya terjadi karena defisiensi zat besi. Kasus anemia ibu hamil di Kota Yogyakarta lebih tinggi dibandingkan dengan target Nasional sebesar <15%. Anemia pada ibu hamil berisiko terhadap terjadinya hambatan pertumbuhan janin sehingga bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR), perdarahan saat persalinan dan dapat berlanjut setelah persalinan yang dapat menyebabkan kematian ibu dan bayinya. Faktor risiko anemia pada ibu hamil antara lain pola makan yang kurang beragam dan bergizi seimbang, kurangnya asupan makanan kaya zat besi, kehamilan berulang dalam waktu singkat, ibu hamil mengalami KEK. Tujuan penelitian: untuk mengetahui hubungan paritas dengan anemia ibu hamil. Penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional terhadap 31 ibu hamil trimester II dan trimester III di Klinik Pratama Asih Waluyo Jati yang diambil dengan teknik total sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil penelitian: Sebagian besar ibu hamil mempunyai paritas multigravida sebanyak 25 responden (80,6%), 13 responden (41,9%) mengalami anemia ringan dan sedang. Ada hubungan paritas dengan anemia ibu hamil di Klinik Pratama Asih Waluyo Jati (p-value 0.001). Ada hubungan paritas dengan anemia ibu hamil di Klinik Pratama Asih Waluyo Jati.

Keywords


Paritas; Anemia; Ibu Hamil

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan DIY. 2021. Profil Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020. Pemerintah Kota Yogyakarta.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI Tahun 2018.

Saptarini, I, dkk. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Tablet Besi pada Ibu Hamil di Kelurahan Kebon Kepala Bogor. Skripsi.

Aryanti Wardiah, Sumini Setiawati, Riyani, Riska Wandiri, Lidya Aryanti. 2013. FaktorFaktor yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2013. Bandarlampung: PSIK Universitas

Malahayati.

Manuaba IBG, Manuaba IAC, Manuaba IBGF. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan Edisi 2. Jakarta: EGC.

Agrawal, et al. 2011. Effect of Maternal Iron Status on Placenta, Fetus and Newborn, International Journal of Medicine and Medical Sciences, 5 (9), 5. Alleyne M. Horne MD, & Miller JL

Afriyanti, D. S. 2012. Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Kota Bukit Tinggi. Menara Ilmu. Vol. 14. No. 01. Hal 6-23.

Salmariantity. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Kabupaten Indragiri Hillir Tahun 2012. Jakarta : FK UI.

Wijianto. 2002. Hubungan Suplementasi Tablet Fe dengan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Air Dinging Kota Padang. Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Skripsi FP IPB, Bogor.

Willy Astriana. 2017. Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Ditinjau dari Paritas dan Usia. Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol 2 No 2. Hal 123-130.

Noverstiti, Elsy. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang Tahun 2012. Skripsi.

Raudhatul Adwiyah, Tri Wijayanti. 2020. Hubungan Paritas dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Trauma Center Samarinda. Borneo Student Research.


Abstract View: 286, PDF Download: 138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.