PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK PENGELOLAAN LAYANAN PKL-KTI (STUDI KASUS: PRODI TEKNOLOGI INFORMASI)

Zaidir, Indra Listiawan

Abstract


Sistem informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setap instansi untuk membantu menjalankan proses bisnisnya. Program studi (Prodi) Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) merupakan bagian dari instansi yang terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswanya. Beberapa layanan sudah menggunakan sistem komputer, namun untuk pengelolaan layanan Praktek Kerja Praktek (PKL) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) masih dilakukan secara manual. Kendala yang dialami saat ini adalah semua proses sangat terpusat pada Prodi. Mahasiswa masih kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait PKL-KTI, waktu yang diperlukan untuk mengajukan proposal PKL atau proposal KTI sampai diterimanya proposal cukup panjang. Dosen masih mengalami kendala dalam melakukan kontrol terhadap mahasiswa bimbingannya yang melakukan PKL ataupun KTI. Pengelola Prodi kesulitan dalam melacak judul-judul PKL atau KTI untuk mengantisipasi munculnya judul yang sama persis. Penelitian bertujuan untuk menyajikan model sistem terkait pengelolaan layanan Praktek Kerja Praktek (PKL) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan sistem informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai pengelolaan layanan PKL-KTI.

Keywords


Perancangan; Sistem Informasi Berbasis Web; Layanan PKL-KTI

Full Text:

PDF

References


A. Kurniawan, Y. Yusuf, Y. D. Hermawan dan P. Subagyo, “Pembuatan Sistem Administrasi Tugas Akhir Berbasis Teknologi Informasi Pada Program Studi S1 Teknik Kimia UPN “Veteran†Yogyakarta,†Telematika, pp. 38-48, 2020.

M. H. D. Adiartika dan I. W. Supriana, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Udayana,†Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana, pp. 13-24, 2020.

Z. Alfiani, “Perancangan Sistem Informasi Kerja Praktik dan Tugas Akhir pada Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Bandung,†Prosiding Teknik Industri, pp. 275-283, 2017.

H. Kurniawan dan W. B. Bondowoso, “Sistem Informasi Terintegrasi Tugas Akhr/Skripsi Berbasis Web (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya,†Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data (SIMADA), pp. 124-134, 2019.

A. Homaidi, “Perancangan dan Implementasi E-Thesis untuk Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Ibrahimy Situbondo,†Nusantara Journal of Computers and Its Applications (NJCA), pp. 15-26, 2019.

M. T. Jufri, M. Tonggiroh dan F. Razaq, “Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir pada Fakultas Teknik dan Sistem Informasi Universitas Yapis Papua,†Jurnal Ilmiah Teknik dan Informatika, pp. 69-75, 2018.

S. Maria dan Listiana, “Sistem Informasi Pengajuan Judul Tugas Akhir di AMIK Mahaputra Riau Berbasis Web,†Jurnal Intra-Tech, pp. 60-69, 2019.

S. T. Safitri dan D. Supriyadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall,†Jurnal Infotel, vol. 7, no. 1, pp. 69-74, 2015.

R. Adiwinata, E. A. Sarwoko dan Indriyati, “Sistem Informasi Tugas Akhir & Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Menggunakan Metode Unified Process,†Jurnal Masyarakat Informatika,, vol. 2, no. 3, pp. 51-62, 2011.

E. Wahyudi dan I. Pratiwi, “Sistem Informasi Pengelolaan Tugas Akhir Mahasiswa dan Jurnal Penelitian Internal Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Ketapang,†Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 12-20, 2020.

I. G. N. W. Pratama, I. A. C. Putra dan A. I. Datya, “Sistem Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Website (Studi kasus program Studi Sistem Informasi Universitas Dhiyana Pura Bali,†Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 342-351, 2017.


Abstract View: 325, PDF Download: 229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.