SOSIALISASI DARING PENCEGAHAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL SAAT BELAJAR DAN BEKERJA DI RUMAH SAAT MASA PANDEMI COVID 19

Herta Meisatama, Aan Ika Sugathot, Tri Suprihatinah

Abstract


Masa pandemi Covid-19 merubah pekerjaan dan belajar secara daring, maka terdapat perubahan aktivitas, yaitu frekuensi penggunaan smartphone dan laptop meningkat, lebih banyak aktivitas duduk dalam rentang waktu yang cukup lama akan menimbulkan keluhan-keluhan musculoskeletal. Tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang bekerja dan belajar dari rumah menggunakan laptop atau smartphone terkait dengan gangguan-gangguan muskuloskeletal agar dapat mencegah timbulnya keluhan-keluhan musculoskeletal. Hasil pengabdian dievaluasi dengan menggunakan pre dan post test 5 pernyataan seputar metode Pencegahan Muskuloskeletal Disorder dengan mengisi googleform yang disediakan apakah pernyataan tersebut benar atau salah. Hasil pre dan post test direkapitulasi untuk selanjutnya dihitung nilai rata-rata dari kesuruhan jawaban. Rata-rata nilai pre test adalah 53, sedangkan rata-rata nilai post test adalah 88. Kesimpulannya dari hasil evaluasi capaian dengan metode pre dan post test ini terlihat adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

Keywords


Belajar dan Bekerja Secara Daring; Muskuloskeletal; Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Octavia, J.R., Hartono, M., Widyanti, A., Studiyanti, L., Palilingan, R., Vidyarini, E., & Yassierli. (2020), Panduan Ergonomi “Learning from Homeâ€. Perhimpunan Ergonomi Indonesia.)

Shresta, G.S., Mohamed F.N., & Shah, D.N. (2011), Visual Problem among Visual Display Terminal (VDT) Users in Nepal. Journal of Optometry. 4 (2) 56-62.)

Tarwaka. 2014. Ergonomi Industri: Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.).

Widyanti, A. 2018. Ergonomics check point in agriculture, postural Analysis, and Prevalence of Work Musculoskeletal Symptoms among Indonesian Farmers: Road to Safety and Health in Agriculture.

Mayasari, D., Saftarina, F., 2016, Ergonomi sebagai Upaya Pencegahan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja. Jurnal Kedokteran Unila)


Abstract View: 154, PDF Download: 123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.