PENERAPAN METODE CASE-BASED LEARNING MATA KULIAH PERPAJAKAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Poly Endrayanto Eko Christmawan, Andre Kussuma Adiputra, Hesti Nurhayati

Abstract


Kualitas pembelajaran dilihat dari keterkaitan antara kemampuan dosen dalam melaksanakan pembelajaran, aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa, dan iklim pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tuntutan perkembangan bisnis. Case-Based Learning merupakan salah satu metode pembelajaran untuk Student Center Learning. Kasus merupakan masalah yang kompleks berbasis kondisi senyatanya untuk merangsang diskusi kelas dan analisis kolaboratif. Pembelajaran kasus melibatkan kondisi interaktif, eksploratif mahasiswa terhadap situasi realistis dan spesifik. Hasil penelitian ini mengklasifikasikan kelompok ke dalam dua kelas yang mengambil mata kuliah perpajakan pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Angkatan tahun 2016, 2017, 2018 (Kelas A) merupakan kelas yang menjadi kontrol dan Angkatan tahun 2019, 2020 (Kelas B) merupakan kelas yang dijadikan eksperimen (mendapatkan treatment menggunakan metode mind mapping). Kelas A berjumlah 26 mahasiswa dan Kelas B berjumlah 20 mahasiswa. Hasil hipotesis penelitian ini tidak terdapat perbedaan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah perpajakan antara mahasiswa yang menerapkan pembelajaran berbasis kasus dengan mahasiswa yang tidak menerapkan pembelajaran berbasis kasus.

Keywords


cased based learning; perpajakan; efektivitas

Full Text:

PDF

References


Haryati, Titik, dkk. (2012). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS Volume II Nomor 2.

Nurhusain, Muhammad. (2012). Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus pada Siswa Grup VII.3 SMP Negeri 1 Bontoramba. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Harsono. Dwiyanto, Djoko. (2005). Pembelajaran Berpusat Mahasiswa. Pusat Pengembangan, Pendidikan Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Weil, Sidney; McGuigan, Nicholas; and Kern, Thomas. 2011. The Usage of an Online Discussion Forum for the Facilitation of Case-based Learning in an Intermediate Accounting Course: a New Zealand Case. Open Learning. Vol. 26, No. 3, November 2011, 237–251

Mutmainah, Siti. (2009). Jurnal Fakultas Ekonomi: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Universitas Diponegoro: Semarang.

Bonk, C.J. and Smith, G.S. (1998). Alternative Instructional Strategies for Creative and Critical Thinking in the Accounting Curriculum. Journal of Accounting Education 16 (2), 261–93.

Kiger, J. E., & Rose, A. M. (2004). Internal Control Evaluation of a Restaurant: A Teaching Case. Issues in Accounting Education, 19(2), 229–237.

Emi Rahmawati, Adi Darmawan Ervanto. (2017). Pembelajaran Mata Kuliah Perpajakan Berbasis Kasus: Bukti Empiris Dan Survei. Volume 11, No.2, Desember 2017.

Weil, Sidney; Oyelere, Peter; Yeoh, Joanna; and Firer, Colin. (2001). A Study of Students’ Perceptions of The Usefulness of Case Studies for The Development of Finance and Accounting-Related Skills and Knowledge. Accounting Education 10 (2), pp. 123–146.

Nauli, Pigo; Yuliansyah; Fajar, Dwiyana Nurul. (2013). Studi atas Penerapan Metoda Konvensional dan Metoda Berbasis Matematika dalam Pembelajaran Akuntansi Pengantar terhadap Pemahaman Siswa. Simposium Nasional Akuntansi XVI. Manado, 25-28 September.

Titisari, Kartika Hendra; Wijayanti, Anita; Chomsatun, Yuli. (2013). Model pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan Kompetensi mahasiswa. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol. 18, No. 2, Agustus.

Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Chei-Chang Chiou. (2008). The effect of concept mapping on students’ learning achievements and interests. Innovations in Education and Teaching International, Vol. 45, No. 4, November 2008, 375–387.

Sugiyono, Dr., dan Wibowo, Eri, S.Pd. (2001). Statistika Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windows. Bandung: Alfabeta.

Geiger, Marshall dan Ogilby, Suzanne. (2000). The first course in accounting: Students' perceptions and their effect on the decision to major in accounting. DO - 10.1016/S0748-5751(00)00011-7. Journal of Accounting Education.


Abstract View: 384, PDF Download: 174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.