IMPLEMENTASI SISTEM TERDISTRIBUSI MENGGUNAKAN REPLIKASI DATABASE DAN WEB SERVICE

Joko Triyono, Putri Nadira, Canu Ali Subkan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi segala aspek kehidupan, dan ini menyebabkan tingkat penggunaan teknologi menjadi sangat tinggi. Kemudahan dalam memperoleh dan mengelola informasi menjadi point penting untuk perusahaan dan atau instansi. Distribusi data dan aplikasi menjadi tantangan tersendiri karena informasi harus lebih mendekat kepada pemakai sehingga pemakai menjadi lebih fleksibel dalam mengelola informasi untuk menunjang kegiatan dan pekerjaan. Penggunaan replikasi database yang dikombinasikan dengan web service server menjadi salah satu alternatif agar pemakai kelompok transaksional dan manajerial bisa lebih leluasa dalam mengelola informasi. Dari hasil penelitian ini telah terbukti bahwa kombinasi yang tepat untuk implementasi aplikasi terdistribusi bisa dilakukan dan aman.

Keywords


Database; Replikasi; Sistem Terdistribusi; Web Service

Full Text:

PDF

References


A. P. Sembiring, "The Replication of Academic Database System using Linux Ubuntu," Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering (JCoSITTE), pp. 70-76, 2020.

E. Sutanta and A. Ashari, "Distribusi Basis Data Kependudukan untuk Optimalisasi Akses Data: Suatu kajian pustaka," Jurnal Ilmu Komputer, vol. 5(1), pp. 1-9, 2012.

A. Rauf, "Aplikasi Database Terdistribusi pada KSP Sinar Kasih Batam," SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. Vol 8 No 2, 2019.

J. Triyono, "Replikasi Untuk Meningkatkan Kinerja dan Ketersediaan Data (Study Kasus Sistem Informasi Akademik).," Jurnal Technoscientia, vol. Vol 5 No 1, pp. 31-40, 2012.

Dicoding, "Apa itu Web Service? Beserta Pengertian dan Contohnya," Dicoding, 13 januari 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-web-service/. [Accessed 8

2021].


Abstract View: 286, PDF Download: 398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.