STRES KERJA DAN KINERJA PADA GURU HONORER DI DAERAH BINAAN VI DEWI SARTIKA BANTARKAWUNG BREBES JAWA TENGAH TAHUN 2021

Azir Alfanan, Fauzi Ahmad, Fx. Joko Khrisdiyanto Jati Untari

Abstract


Jumlah guru honorer di kabupaten brebes pada saat ini mencapai 13.1999 dari seluruh guru yang ada di satuan pendidik milik pemerintah. berdasarkan studi pendahuluan dengan wawancara pada 6 guru honorer, 4 guru honorer menyatakan bahwa beban kerja yang sama dengan guru PNS tidak dibarengi dengan honor yang sesuai menyebabkan guru tersebut mengalami tekanan. 2 guru honorer juga mengeluhkan sering menerima honor terlambat sampai berbulan-bulan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stres kerja terhadap kinerja guru honorer di SD Dabin VI Dewi Sartika Kecamatan Bantarkawung. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 guru honorer dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. uji bivariate menggunakan uji rank spearman. Hasil penelitian ini mayoritas responden berusia antara 30-40 tahun (51,16%), mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (60,46%). mayoritas responden mempunyai tingkat stress yang sedang dengan jumlah 32 orang (74,4%), terdapat hubungan yang signifikan antara stress kerja dengan kinerja guru honorer di SD Dabin VI Dewi Sartika Kecamatan Bantarkawung.

Keywords


stress kerja kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Mondy R. W. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Nawawi dan Hadari. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Ibrahim. (2017). faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan yayasan yatim mmandiri dalam mensukseskan program mandiri entrepreneur Center (MEC) Surabaya. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya

Tahir T.A (2014). Peranan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di MI Yaspi Sambung Jawa makassar. Makasar: UIN Alaudin Makasar.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkunegara Prabu A.A Anwar. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hasibuan. (2010). Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara

Mustafa, Astuti Febiana. (2010). Hubungan motivasi, persepsi dan beban kerja terhadap kinerja guru UKS dalam pelaksanaan usaha kesehatan gigi

Rif’ah (2016). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Di Mts Sultan Fatah Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.

Malik, N. A. (2017). Analisis pengaruh stres kerja, kompensasi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Salatiga: institut agama islam negeri salatiga.


Abstract View: 102, PDF Download: 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.