PENGOLAHAN SINYAL DUA DIMENSI HASIL CAPTURE SPERMA DENGAN MIKROSKOP DIGITAL BERBASIS KOMPUTER

Irawadi Buyung, Sugeng Winardi, Mursid Sabdullah, Latifah Listyalina

Abstract


Penelitian “Pengolahan Sinyal Dua Dimensi Hasil Capture Sperma dengan Mikroskop Digital berbasis Komputer†ini dilakukan untuk mendesain suatu sistem yang mampu membantu praktisi laboratorium dalam penentuan parameter fertilitas atau infertilitas pria. Pengujian infertilitas mikroskopik mempunyai beberapa parameter yaitu konsentrasi (kepadatan), motilitas, dan morfologi (struktur dan bentuk) dari spermatozoa. Pengujian tersebut dilakukan dari citra mikroskop di mana hasil citranya memiliki kualitas yang rendah sehingga penentuan parameter dalam pengujian mikroskopik mengalami kendala. Pengolahan sinyal dua dimensi atau citra dapat diaplikasikan ke segala bidang, salah satunya ialah pada citra mikroskop. Jumlah data sampel citra spermatozoa yang digunakan sebanyak 14 sampel. Sebelum dideteksi, sampel citra spermatozoa diubah menjadi citra grayscale, lalu difilter untuk menghilangkan noise. Dari data histogram citra didapatkan nilai rata-rata ambang untuk thresholding. Didapatkan tepi citra dengan edge detetion. Dari 14 citra, 11 citra telah sesuai jumlah spermanya ketika dihitung manual berdasarkan citra asli dan citra olahan. Terdapat 3 kesalahan hitung manual berdasarkan citra asli dan citra olahan. Hal tersebut membuat performa penelitian dinilai cukup baik.

Keywords


citra; dua dimensi; sinyal; sperma

Full Text:

PDF

References


Fathurrahman dan Ardhi, R. 2017. Penentuan Abnormalitas Pergerakan Spermatozoa Berbasis Algortima Matching Based. Undergraduate Thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Permata Dkk. 2016. Identifikasi Sperma Sapi Normal Dan Abnormal Menggunakan Algoritma Jaringan Saraf Tiruan. Jurnal Simetris, Vol 7 No 1 April 2016. Serang:Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hatta, M. 2016. Penentuan Abnormalitas Pergerakan Spermatozoa Manusia Berbasis Regresi Linier. Masters Thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Listyalina, L dan Irawadi B. "Verifikasi Citra Tanda Tangan Berbasis Perceptron." Teknoin 24.2: 276278.


Abstract View: 432, PDF Download: 328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.