ANALISIS TINGKAT PENGLIHATAN MATA MANUSIA DENGAN AREA FOVEAL AVASCULAR ZONE (FAZ)

Latifah Listyalina, Evrita Lusiana Utari, Desty Ervira Puspaningtyas

Abstract


Diabetic retinopathy (DR) merupakan komplikasi dari penyakit pembuluh darah retina yang terjadi pada pasien diabetes. Pendeteksian penyakit ini biasa dilakukan dengan pengamatan secara langsung oleh dokter pada citra retina. Salah satu area citra retina yang dapat digunakan pada pemeriksaan adalah Foveal Avascular Zone (FAZ), yakni area area pusat retina tanpa pembuluh darah. Secara umum, luasan FAZ pada mata penderita DR akan membesar sebab rusaknya pembuluh darah di sekitarnya. Mengingat akibat yang dapat ditimbulkan oleh DR pada kondisi penglihatan mata, pada penelitian ini, akan dipelajari korelasi antara luasan FAZ dengan tingkat penglihatan mata manusia, khususnya pada mata normal dan mata penderita DR. Pada penelitian ini, telah dilakukan pengolahan citra yang dimulai dengan menjadikan citra digital retina warna sebagai masukan, dilanjutkan dengan tahap praproses, ekstraksi pembuluh darah dan penentuan ujung-ujung pembuluh darah porifoveal. Selanjutnya, segmentasi area Fovea Avascular Zone (FAZ) dilakukan secara manual, yaitu dengan menghubungkan ujung-ujung pembuluh darah porifoveal. Hasil luas area FAZ dari grade 0, grade 1dan2, grade3 telah didapatkan. Dari tabel terlihat bahwa semakin besar gradenya maka luas area semakin besar. Hal ini terbukti bahwa perluasan FAZ mempengaruhi perkembangan dari diabetic retinopathy. Grade o menunjukkan rentang area luas 2000-5000 piksel, untuk grade 1 dan 2 sebesar 6000- 10.000 piksel sedangkan untuk grade 3 adalah >10.000 piksel.

Keywords


citra retina; diabetic retinopathy; Foveal Avascular Zone (FAZ)

Full Text:

PDF

References


Dillak, R. Y. & Bintiri, M.G. (2012). Identifikasi Fase Penyakit Retinopati Diabetes menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Multi Layer Perceptron. Prosiding Lokakarya: Seminar Nasional Informatika 2012 (semnasIF 2012) UPN â€Veteran†Yogyakarta. Yogyakarta, 30 Juni 2012

National Eye Institute,2014.

G. Richard, G.I. Soubrane, L.A.Yanuzzi, S.Courland, “ In: Flourescein and ICG Angiographyâ€, Thieme Medical Publisher Inc., New York, 1998.

M. H. Ahmad Fadzil, L. I. Izhar, and H. A. Nugroho, "Analysis of Foveal Avascular Zone for Grading of Diabetic retinopathy," International Journal Biomedical Engineering and Technology, vol. 6, pp. 232-50, 2011.

Nugroho, H. A., Dharmawan, D. A., Litasari, & Listyalina, L. (2017). Automated segmentation of foveal avascular zone in digital colour retinal fundus images. International Journal of Biomedical Engineering and Technology, 23(1), 1-18.

Fadzil MHA, Lila Iznita I, Hanung Adi N, “Determination of Foveal Avascular Zone in Diabetic retinopathy digital fundus images†Comput Biol Med, vol. 40, pp. 657–664, 2010.


Abstract View: 170, PDF Download: 121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.