PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POGRAM KERJA DAN ANGGARAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Sugeng Winardi, Ajie W. Soejono, Riski Hardiyansyah

Abstract


Manajemen perguruan tinggi tidak terlepas dari sistem tatakelola yang harus selalu meningkatkan mutu dari waktu ke waktu. Salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan adalah perencanaan dan pengembangan di lingkungan fakultas yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran tahunan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta yang menaungi beberapa program studi tidak terlepas dalam melaksanakan kegiatan yang direncanakan dalam suatu program kerja yang diusulkan pada awal tahun dan dievaluasi pada diakhir tahun. Kurang lengkapnya dokumentasi perencanaan dan evaluasi kegiatan dari program kerja dari masing-masing unit kerja dibawah fakultas berdampak pada sulitnya pihak fakultas untuk mengukur keberhasilan program kerja yang sudah dilaksanakan. Ketersediaan infrastruktur jaringan komputer dan pemanfaatan komputer dalam setiap kegiatan merupakan landasan untuk dapat dikembangkan sistem informasi khusus dalam mendokumentasikan setiap program kerja dan anggaran di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi.Tujuan dari penelitian adalah merancang bangun sistem informasi program kerja dan anggaran Fakultas Sains dan Teknologi. Pengembangan perangkat lunak mengggunakan berbasis WEB dengan Bahasa pemrograman PHP dan menggunakan DBMS MySQL. Dari hasil luaran perangkat lunak yang sudah dirancang bangun diharapkan dapat menjadikan dokumentasi program kerja fakultas dan unit kerja dibawahnya, sehingga nantinya sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan kualitan program kerja ke depan

Keywords


Program Kerja dan Anggaran, Perancangan Sistem Informasi, Tata Kelola

Full Text:

PDF

References


A. A. Devie Octariani, "Anggaran Berbasis Kinerja, Sumber Daya Manusia dan Kualitas Anggaran SKPD (Suatu Pengujian Strukturan)," Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2017.

Hamzah, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen dengan Metode Balance Scorecard," in Seminar Nasional Informatika (SEMNATIF), Yogyakarta, 2015.

R. A. M. a. H. Y. Larasati, "Analisis penerapan Good University Governance Pada Perguruan Tinggi di Kota Jayapura," Jurnal Sinar Manajemen, vol. VI, pp. 304-323, 2016.

E. Sutanta, Sistem Basis Data, Yogyakarta: Graha Ilmu , 2004.

Turban, Information Technology for Management, -: Joh Willey & Sons Pte Ltd, 2008.

-, "dosen pendidikan.co.id," -, - - -. [Online]. Available: https://www.dosenpendidikan.co.id/. [Accessed 15 09 2020].

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

R. Pressman, Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

E. Zuliarso, "Analisa Kebutuhan Fungsional Sistem," -, pp. -, 23 08 2017.

Pujianto, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Buku Dengan Konsinyasi Berbasis Client Server," Jurnal Informatika, vol. Vol 12 No 2, no. -, pp. -, 2012.


Abstract View: 104, PDF Download: 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.