ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PADA ODHA DI PUSKESMAS GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

Iva Shobiatul Izza, Rini Pratiwi, Nuraini

Abstract


Latar Belakang: HIV adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS adalah kumpulan gejala yang timbul karena sangat turunya kekebalan tubuh penderita HIV dan stadium akhir HIV. Daerah Istimewa Yogyakarta menduduki urutan ke-9 sebagai provinsi dengan penderita HIV-AIDS terbanyak. Puskesmas Gedongtengen merupakan pelayanan kesehatan yang paling banyak menerima pasien ODHA. Tujuannya adalah ntuk menganalisis Reliability, Assurance, Tangibles, Empaty dan Responsiveness kepuasan pelayanan kesehatan pasien ODHA Di Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif, dengan dilakukan wawancara mendalam kepada ODHA dan petugas puskesmas, dengan jumlah informan 6, terdiri dari 4 informan kunci dan 2 informan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode wawancara mendalam yaitu dari lima dimensi kepuasan mengatakan puas terhadap pelayanan puskesmas seperti kenyamanan, kemudahan dalam mengakses fasilitas kesehatan, keramahan petugas, dan kesigapan petugas. Sedangkan pada dimensi Tangibles pasien ODHA mengatakan bahwa kondisi ruang periksa masih kurang efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan suatu organisasi dikatakan berkualitas apabila telah dilaksanakan dengan baik, pada penelitian ini pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya diberikan dengan baik dari lima dimensi yang diteliti masih ada dimensi yang kurang baik yaitu pada dimensi tangibles berupa kondisi ruang periksa yangmasih di rasa kurang efektif.

Keywords


Kepuasan pelayanan ODHA

Full Text:

PDF

References


RI, K. K. (2014). InfoDatin situasi dan analisis HIV AIDS. Jakarta Selatan

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016, desember 1). Retrieved Agustus 12, 2019, from www.depkes.go.id/article/view/17010600004/situasi-hiv-aids-diindonesia.html

Pelayanan Kesehatan HIV/AIDS. (2005). pedoman bersama ILO/WHO, xxii-xxiii.

Definisi HIV AIDS Menurut Para Ahli. (2019, Febuary 19). Retrieved Agustus 12, 2019, from katamedia.co/2019/02/19/5-definisi-hiv-aids-menurut-para-ahli/

Satrianegara, M. F. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Abstract View: 226, PDF Download: 204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.