ANALISA PASAR PARIWISATA KABUPATEN WONOSOBO, JAWA TENGAH

Kiki Rizki Makiya, Novi Irawati

Abstract


Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu destinasi pariwisata di Jawa Tengah yang menjadi tujuan utama kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara. Kondisi pandemic Covid-19 turut memberikan dampak terhadap pemasaran pariwisata daerah ini sekaligus berdampak pada penurunan jumlah kedatangan wisatawan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa pasar untuk mengetahui situasi perkembangan pasar terkini di Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Hasil analisa didapatkan bahwa promosi yang dilakukan dengan menekankan konsep seni dan budaya lokal menjadi salah satu daya tarik wisata daerah ini. Kemitraan pemasaran pariwisata yang dilakukan dengan ditetapkannya sebagai kawasan strategis nasional, menambah daya tarik wisata kepada wisatawan untuk terus mengunjungi destinasi wisata di kabupaten wonosobo. Citra pariwisata Kabupaten Wonosobo “Wonosobo The Soul of Java” membuktikan lagi kekuatan pasar pariwisata Kabupaten Wonosobo sebagai destinasi pariwisata di Jawa Tengah. Namun dengan adanya isu global covid-19 perkembangan pariwisata di Kabupaten Wonosobo sangat berdampak hingga saat ini. Meskipun sebelumnya dari perkembangan pasar yang ada relative efektif dan berjalan dengan baik.

Keywords


Pasar Pariwisata; Wonosobo; Covid 19

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Astuti, Sri. 2015. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Jakarta: Erlangga

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah 2019

Besra, E. 2012. Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata di Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 12:1 74-101.

Fanggidae, Apriana H.J. 2006. Strategi Pemasaran Pariwisata: Segmentation, Target market, Positioning dan Marketing Mix. Kupang: Fisip Universitas Nusa Cendana.

https://bappeda.wonosobokab.go.id/2018/07/24/branding-wonosobo-the-soul-of-java/ dikutip tanggal 2 oktober 2019 pukul : 15 : 00 WIB

https://www.kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-KunjunganWisatawan-Mancanegara-2020 [diakses pada 2 oktober 2019].

Kalebos, F. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 4:3 489-502

Kotler P, Keller KL.2012. Marketing Management Edisi 14 Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Ltd.

Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, P. 2005. Manajamen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Irawati, N., Priyanto, S E, Kristiutami, Y P. 2019. Analisis Destination Branding Kawasan Wisata Tamansari melalui Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Media Wisata. 17:2 21-29

Payangan, Otto R. 2014. Pemasaran Jasa Pariwisata. Bandung: IPB Press.

Pitana, I.G. dan Diarta, I.K.S. 2010. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rhenald, Kasali. 1998. Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sepang, D., Kawet, L. dan Mandey, S. 2016. Diversivikasi Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Transvision Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16:10 244-256.

Sunaryo. B. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media

Suryadi, I.G.I., 2007. Pemasaran Pariwisata. Stikom Bali.

Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Yoeti OA.1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional

Universitas Respati Yogyakarta

Alamat : JL. Laksda Adisucipto KM 6,3 Depok Sleman Yogyakarta - Indonesia
Tel : 0274-488781
Fax : 0274-489780
Email : wahyurm@respati.ac.id


 
View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.