INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Listia Dwi Febriati, SST, M.Kes, Afroh Fauziah, SST, M.Kes

Abstract


Gadget merupakan salah satu perkembangan teknologi masa kini yang menyasar semua kalangan termasuk anak usia pra sekolah. Penggunaan gadget dikalangan anak-anak semakin memprihatinkan dan tentu memiliki dampak negatif terhadap tumbuh kembang. Hasil survey The Asian Parents Insight di kawasan Asia Tenggara, pada 5 negara yaitu Singapura, Thailand, Philipina, Malaysia, dan Indonesia terdapat 2.417 orang tua yang memiliki gadget. Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 98% anak-anak usia 3-8 tahun telah menggunakan gadget, 67% diantaranya menggunakan milik orang tua, 18% milik saudara atau keluarga, dan 14% milik sendiri.. Mereka lebih memilih duduk diam di depan gadget dan menikmati dunia yang ada di dalam gadget tersebut. Tujuan : Untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget pada anak usia prasekolah. Metode Penelitian : Rancangan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget anak usia pra sekolah. Lokasi penelitian di TK Ar Rafif Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan Kesimpulan: rata-rata waktu anak menggunakan gadget yaitu lebih dari 1 jam, Waktu Total Anak Menggunakan Gadget dalam sehari yaitu dua jam terdapat 5 anak. Penggunaaan gadget dalam satu minggu 5-6 kali ada 3 anak dan >= 7 kali ada 2 anak.

Keywords


Gadget, Sosial Emosional, Pra sekolah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 25
PDF - 22

References


American Academy of Pediatrics Committee on Public Education, 2011, Children,Adolescents, and television.Pediatr, 107 (2): 423-426.

Fadilah, R.(2015).Perilaku Konsumtif Mahasiswa UGM dalam Penggunaan Gadget. Yogyakarta : UGM

Houghton, C., Aiken, M. & Cheevers, C. (2015).Cyber babies: The impact or emerging technology on the developing infant.Psychology, 5 (9): 504-518.

Ismanto, Yudi & Onibala, Franly.(2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manad. Ejoural Keperawata Volume 3(2). FK Unsrat Manando Prianggoro, Hasto. 2014. Anak dan Gadget: Yang Penting Aturan Main.Diakses dari http://www.tabloidnakita.com/read/1/anak-dan-gadget-yangpenting-aturan-main.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.2016. Infografis Indikator TIK Rumah Tangga dan Individu.

Lui, D.P., Szeto, G.P. & Jones, A. Y. (2011) The pattern of electronic game use and related bodily discomfort in Hong Kong primary school children. Computers & Education, 57 (2):1665-1674.

Sari, T. P. & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di Tkit Al Mukmin. Media Publikasi Penelitian, 13 (2): 72-78.

The Asian Parent Insights. (2014). Mobile device usage among young kids: a southeast asia study, Telok Ayer, Singapore: The Asian Parent Insights and Samung Asia Pte Ltd.

Winoto, H. (2013). Dampak Penyalahgunaan Teknologi Komunikasi Ponsel dan Gadget Pada Anak dan Remaja [Online]. Dalam http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/dampak-penyalahgunaan-teknologi.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Universitas Respati Yogyakarta
 
ISSN 2657-2397 (Print)