Sosialisasi Dan Pelatihan Pengelolaan Website Front-End dan Back-End Untuk Lembaga Bisnis Dan Sosial
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, sebagai tulang punggung ekonomi
dengan jumlah terbesar, mengalami sejumlah tantangan signifikan, terutama dalam konteks
pandemi COVID-19. Artikel ini mengeksplorasi berbagai permasalahan yang dihadapi UMKM,
seperti modal terbatas, kendala perizinan, kesadaran pajak yang rendah, kurangnya inovasi, dan
keterbatasan teknologi. Dalam merespons tantangan ini, adaptasi digital dan inovasi
diidentifikasi sebagai kunci keberhasilan. Fokus artikel ini adalah pada UMKM di Kelurahan
Tahunan, Yogyakarta, yang merupakan representasi dari berbagai masalah yang dihadapi
UMKM di tingkat lokal. Penulis merinci dampak pandemi COVID-19 pada UMKM dan
menjelaskan upaya pemulihan melalui strategi pivot bisnis dan inovasi. Lebih lanjut, artikel ini
membahas perencanaan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai solusi, dengan tujuan
meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi informasi di kalangan pelaku UMKM.
Pengabdian masyarakat ini melibatkan sosialisasi dan pelatihan untuk memperkuat daya saing
UMKM di era pasca pandemi. Dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web dan media teknologi
informasi, diharapkan UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan
kinerjanya. Tinjauan pustaka mendukung kegiatan pengabdian dengan menyoroti pengaruh
orientasi kewirausahaan, teknologi informasi, dan inovasi terhadap kinerja UMKM. Dengan
demikian, artikel ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam terhadap tantangan UMKM
dan dampak pandemi, tetapi juga merinci langkah-langkah konkrit dalam meningkatkan daya
saing UMKM melalui pemanfaatan teknologi informasi di era digital saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Purmiyati, T. Sarmidi, and R. Pradipta, “Technical Efficiency Analysis of MSMEs Fashion Offline and Online in Surabaya,” J. Ekon. Dan Studi Pembang., vol. 14, no. 2, p.214, Oct. 2022, doi: 10.17977/um002v14i22022p214.
H. S. Disemadi, “Contextualization of Legal Protection of Intellectual Property in Micro Small and Medium Enterprises in Indonesia,” LAW REFORM, vol. 18, no. 1, pp. 89–110,Mar. 2022, doi: 10.14710/lr.v18i1.42568.
R. Ardiana, B. S. Irianto, and K. Srirejeki, “ANALYSIS OF THE READINESS OF MSMEs ACTORS IN THE IMPLEMENTATION OF SAK EMKM IN PURWOKERTO,”Sar Soedirman Account. Rev. J. Account. Bus., 2019, doi: 10.20884/1.sar.2019.4.2.2468.
S. Suminah, S. Suwarto, S. Sugihardjo, S. Anantanyu, and D. Padmaningrum,“Determinants of Micro, Small, and Medium-Scale Enterprise Performers’ Income During the Covid-19 Pandemic Era,” Heliyon, 2022, doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e09875.
W. WAHYUDI, I. M. Fahmid, D. Salman, and S. Suhab, “Impact of the Covid-19 Pandemic on Rice Farming Planning in Indramayu District, West Java,” Iop Conf. Ser.Earth Environ. Sci., 2022, doi: 10.1088/1755-1315/1012/1/012074.
R. Rachmawati, E. T. W. Mei, I. W. Nurani, R. A. Ghiffari, A. A. Rohmah, and M. A. Sejati, “Innovation in Coping With the COVID-19 Pandemic: The Best Practices From Five Smart Cities in Indonesia,” Sustainability, 2021, doi: 10.3390/su132112072.
Q. Wang and L. Liu, “Pandemic or Panic? A Firm-Level Study on the Psychological and Industrial Impacts of COVID-19 on the Chinese Stock Market,” Financ. Innov., 2022, doi:10.1186/s40854-022-00335-8.
A. S. Widyaswara, S. P. Syahlani, and F. T. Haryadi, “The Role of Community to Encourage Micro, Small, and Medium Enterprises in Marketing Digital Adoption Behavior,” 2022, doi: 10.2991/absr.k.220207.062.
I. G. A. K. Giantari, N. N. K. Yasa, H. B. Suprasto, and P. L. D. Rahmayanti, “The Role of Digital Marketing in Mediating the Effect of the COVID-19 Pandemic and the Intensity of Competition on Business Performance,” Int. J. Data Netw. Sci., 2022, doi:10.5267/j.ijdns.2021.9.006.
N. Vukcevic, N. Abramovic, and N. Perovic, “Research of the Level of Digital Competencies of Students of the University ‘Adriatic’ Bar,” SHS Web Conf., 2021, doi:10.1051/shsconf/202111101008.
Refbacks
- There are currently no refbacks.