Sosialisasi Dan Pelatihan Kader Bank Sampah Padukuhan Nganyang Unit 17

Muhtadin,Rindia R B Ali,Pitria Pena, Indah Mistiyaningsih,Saherani B Sofyan, Amila M Aryanto,Moh. Sapwan,Anastasia Raharusun

Abstract


Program Bank Sampah merupakan strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah di tingkat masyarakat, dengan menyamakan sampah dengan uang atau barang berharga yang bisa dihemat. Tujuan dari program ini untuk mengedukasi masyarakat dan membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan sampah yang menumpuk di dusun Nganyang. Metode yang digunakan dalam program ini iyalah Luring. Hasil yang dicapai dari program kegiatan KKN yang dilaksanakan sebagai pengabdian di masyarakat mendapat respon yang cukup baik dari Kader, Perangkat Dukuh dan Tokoh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari respon dan partisipasi terhadap program KKN yang kami laksanakan. Kader-kader yang mengikuti kegiatan yang awalnya belum memiliki informasi terkait bank sampah setelah kegiatan menjadi lebih teredukasi. Selama kegiatan mereka antusias menyimak materi dan saat diberikan pertanyaan spontan dapat memberikan jawaban dengan benar.

Keywords


KKN unit 17; Studi Kasus Deskriptif; Bank Sampah

Full Text:

PDF

References


Suwerda, B. (3 Juli 2021). Pendiri Bank Sampah "Gemah Ripah" Desa Badegan, Kab.Bantul. Yogyakarta: diambil dari: Materi Kuliah TTG.

Siti Aliyah. (22 Juli 2019). "Wares" Waras resik Tegalrejo, Salatiga. DLH kab.Semarang. Semarang: diambil dari: Materi pelatihan Bank Sampah. Oleh Direktur Bank Sampah.

UNRIYO, T. K. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Tahun 2022. Yogyakarta: Respati Press.

KKN UNIT 17. (2022). Profil Dusun Nganyang. Yogyakarta: Tim Pengabdian Masyarakat (KKN UNIT 17 ANGKATAN III).


Abstract View: 46, PDF Download: 24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.